Strategi peningkatan penjualan produk Teh Herbal Adi Menoreh melalui pemasaran digital

Alia Ariesanti, Anton Yudhana, Retnosyari Septiyani, Arsyad Cahya Subrata, Son Ali Akbar, Aftoni Sutanto, Siti H Widiyastuti, Intan Hidayah, Mohammad F Ilmadina

Abstract


Desa Ngargosari merupakan daerah penghasil teh, jahe, kunyit, kunyit putih, daun cengkeh, daun pala, daun kayu manis, cengkeh, gagang cengkeh, kapulaga, serai, yang dikelola oleh Kelompok Tani Herbal Semesta menjadi aneka produk teh seduh herbal. Aneka olahan teh ini dikenalkan dengan nama Adi Menoreh, yang menjadi salah satu produk hasil pendampingan sivitas akademika Universitas Ahmad Dahlan. Sampai saat ini, hasil olahan teh masih dipasarkan secara tradisional, yaitu dititipkan di gerai atau melalui pameran. Untuk memperluas jangkauan pasar, diperlukan upaya untuk memasarkan produk Adi Menoreh melalui pemasaran digital. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk mengembangkan pemasaran digital dan mendampingi pengelola Semesta untuk meningkatkan penjualan. Metode kegiatan pengabdian ini diawali dengan menggali potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh pengelola, menganalisis pasar produk, serta menentukan strategi pemasaran berbasis media sosial untuk memperluas segmentasi pasar serta meningkatkan volume penjualan produk. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah tersedianya produk Adi Menoreh siap jual, tersedianya fasilitas penjualan berbasis pemasaran digital di media sosial, serta adanya peningkatan kemampuan para pengelola untuk memanfaatkan fasilitas pemasaran digital yang akan berdampak pada peningkatan jangkauan pemasaran yang lebih luas serta peningkatan volume penjualan

Keywords


Digital marketing, Adi menoreh, herbal brewed tea

Full Text:

PDF

References


Aditiya, I. M. (2021). Pengguna Facebook Indonesia dalam Bingkai Statisik. In Goodnewsfromindonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/10/30/pengguna-facebook-indonesia-dalam-bingkai-statistik

alodokter. (2022). 8 Khasiat Hebat Teh Oolong untuk Kesehatan. Alodokter.Com. https://www.alodokter.com/khasiat-hebat-teh-oolong-yang-perlu-anda-diketahui#:~:text=Teh oolong merupakan teh yang,memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan.

Andari, Y., & Yuniyarti, N. A. (2021). Strategi Pengembangan Taman Edukasi Pertanian Di Desa Gerbosari Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 3(2), 471. https://doi.org/10.22146/jp2m.51217

BPS Kabupaten Kulon Progo. (2022). Kapanewon Samigaluh Dalam Angka 2022.

Cahyaningrum. (2021). Menggali Potensi dan Mengubah Masalah menjadi Solusi. FEB UII. https://fecon.uii.ac.id/2021/08/menggali-potensi-dan-mengubah-masalah-menjadi-solusi/

Databoks. (2022). Ini Situs E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak per Agustus 2022. In Databooks.Katadata.Co.Id (Issue September, p. 2022). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/ini-situs-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-per-agustus-2022

DataIndonesia.id. (2022). Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022. In Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/Digital/detail/remaja-paling-banyak-gunakan-internet-di-indonesia-pada-2022

Dewi, I. R. (2022). Data Terbaru! Berapa Pengguna Internet Indonesia 2022? In Cnbc (p. 1). https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022

Dianka, A. A. (2021). Performa e-Commerce: Shopee, Si Paling Laris Tahun Ini. Trenasia.com. https://www.trenasia.com/performa-e-commerce-shopee-si-paling-laris-tahun-ini

Leonardo, F., Taufik, N. I., & Rianawati, D. (2019). Analisa Karakteristik Peminum Teh di Kota Bandung. Jurnal Akuntansi Maranatha, 11(1), 77–97. https://doi.org/10.28932/jam.v11i1.1543

Lidwina, A. (2021). Penggunaan E Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia

Marco, R., & Ningrum, B. T. P. (2017). Analisis sistem informasi e-marketplace pada usaha kecil menengah (UKM) kerajinan bambu Dusun Brajan. Jurnal Ilmiah Data Manajemen Dan Teknologi Informasi, 18(2), 48–53.

Nurzanah, I., & Sosianika, A. (2018). Promosi Penjualan dan Minat Beli: Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model di E-Marketplace Shopee Indonesia. Industrial Research Workshop and National Seminar, 706–714.

Rizaty, M. A. (2022). Pengguna Instagram Indonesia Terbesar Keempat di Dunia. In Dataindonesia.Id.

Syahputri, A., & Sismanto, S. (2020). Identifikasi Potensi Tanah Longsor Menggunakan Metode Mikrotremor Di Dusun Tegalsari Desa Ngargosari Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Fisika Indonesia, 24(2), 66. https://doi.org/10.22146/jfi.v24i2.53636

Syaputra, D. Y. (2021). Konsep strategi pemasaran marketplace sebagai penerapan marketing 4.0. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(6), 939–952.

Widi, S. (2022). Pengguna Facebook di Dunia Capai 2,93 Miliar per Kuartal II/2022. In DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-facebook-di-dunia-capai-293-miliar-per-kuartal-ii2022

Yosenawan, E. (2016). Potensi dan strategi pengembangan ekowisata Puncak Suroloyo Desa Gerbosari Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Geo Educasia, 1(12).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alia Ariesanti, Anton Yudhana, Retnosyari Septiyani, Arsyad Cahya Subrata, Son Ali Akbar, Aftoni Sutanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License