Workshop penyusunan kebijakan manajemen sumber daya manusia di Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Dekso Kalibawang

Djamaluddin Perawironegoro, Rika Astari, Wisnu Giri Antoro, Abdul Aziz, Nurwastuti Setyowati

Abstract


Sumber daya manusia memiliki peranan yang penting dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Majlis Dikdasmen PCM Dekso Kalibawang menghadapi problematika pergantian guru dan karyawan serta karakteristik lulusan perguruan tinggi yang berorientasi pada kesejahteraan dalam bekerja. Solusi yang ditawarkan terhadap masalah tersebut yaitu edukasi tentang pola penyusunan kebijakan pendidikan, dan pengelolaan guru dan karyawan berbasis manajemen sumber daya manusia. Tujuan dari kegiatan yang telah dilakukan yaitu memberikan edukasi penyusunan kebijakan pendidikan terkait pengelolaan guru dan karyawan. Metode kegiatan diawali dengan analisis problematikan mitra, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan yang telah dilaksanakan diikuti oleh seluruh pengurus dan kepala sekolah pada Amal Usaha Muhammadiyah. Hasil dari kegiatan yaitu peningkatan pengetahuan dan keterampilan  pengurus beserta para kepala sekolah. Kegiatan ini menawarkan suatu pola pengelolaan sumber daya manusia yang diperkuat dengan kebijakan terhadap guru dan karyawan. Dampak dari kegiatan yaitu munculnya keinginan untuk mengaktualisasikan pengelolaan guru dan karyawan melalui kebijakan manajemen sumber daya manusia.


Keywords


Kebijakan pendidikan; Manajemen sumber daya manusia; Majelis Dikdasmen; Kebijakan guru dan karyawan

Full Text:

PDF

References


Bernardin, J. H., & Russel, J. E. A. (1993). Human Resource Management: An Experimental Approach. Mc Graw-Hill.

Dessler, G. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Salemba Empat.

Kementrian Agama Republik Indonesia. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahnya (Qur’an Kemenag Versi 2.3.2). Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ).

Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah. (2017). Ketentuan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Nomor: 100/KTN/I.4/C/2017 Tentang Kepegawaian Pada Sekolah, Madrasah, dan Pesantren Muhammadiyah.

Perawironegoro, D. (2018a). Hubungan antara Struktur Organisasi, Budaya Organisasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia dengan Efektifitas Organisasi di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Disertasi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.

Perawironegoro, D. (2018b). Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam. VIII(I), 1–9.

Perawironegoro, D., Astari, R., Sutisna, E., & Muhimmah, I. (2021). Pelatihan struktur organisasi dan manajemen sumber daya manusia di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan.

Pidarta, M. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia. Rineka Cipta.

Peraturan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 03/PRN/I.0/B/2012 Tentang Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, Pub. L. No. NOMOR 03/PRN/I.0/B/2012 (2012).

Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor: 01/PED/I.0/B/2018 tentang Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah, (2018).

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2007). Organizational Behavior. Prentice Hall.

Siagian, P. S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Tilaar, H. A. R., & Nugroho, R. (2009). Kebijakan pendidikan; Pengantar untuk memahami kebijakan pendidikan dan kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik. Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Djamaluddin Perawironegoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License