Peningkatan kompetensi guru adaptif dan normatif SMK adaptif dan normatif melalui pelatihan kuis interaktif bebasis kahoot!

Adhy Kurnia Triatmaja, Budi Santosa

Abstract


Pemanfaatan teknologi terus dikembangkan meskipun sudah memasuki di era pasca-pandemi. Tujuan pelatihan ini adalah untu membekali para guru adaptif dan normatif untuk bersiap untuk pembelajaran yang berubah setelah masa pandemic berakhir. Salah satu upaya tersebut yaitu dengan menyelenggarakan pelatihan pembuatan kuis interaktif secara daring berbasis teknologi informatika yang dilaksanakan di SMK Muhammadiah 1 Playen dan SMK Muhammadiyah 2 Playen. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan  wawasan terkait media pembelajaran Kahoot!. Metode yang dilakukan dalam pelatihan ini terdiri atas tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelatihan ini dilakukan pada 10 - 11 Agustus 2022 dan diikuti oleh total 42 guru adaptif dan normatif adaptif dan normative dari 2 sekolah. Hasil dari kegiatan pelatihan ini yaitu guru adaptif dan normatif memahami materi pelatihan dengan baik sehingga semua informasi yang didapatkan dapat secara langsung dipraktekkan. Guru adaptif dan normatif mendapatkan materi yang sangat relevan dengan kebutuhan di kelas dan dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Selain itu, dampak dari pelatihan ini guru adaptif dan normatif mendapatkan wawasan baru terkait media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam menyusun kuis interaktif  secara kreatif dan inovatif


Keywords


Kuis Interaktif, Kahoot, Peningkatan Kompetensi.

Full Text:

PDF

References


Adnyani, K. E. K., Adnyana, I. W., & Murniasih, N. N. (2020). Teacher and Students’ Perception on Using Kahoot! for English Learning. 394(Icirad 2019), 62–67. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200115.011

Chaiyo, Y., & Nokham, R. (2017). The effect of Kahoot, and Google Forms on the student’s perception in the classrooms response system. 2nd Joint International Conference on Digital Arts, Media and Technology 2017: Digital Economy for Sustainable Growth, ICDAMT 2017, 178–182. https://doi.org/10.1109/ICDAMT.2017.7904957

Hofmeister, C., & Pilz, M. (2020). Using E-Learning to Deliver In-Service Teacher Training in the Vocational Education Sector: Perception and Acceptance in Poland, Italy and Germany. Education Sciences, 10(7), 182. https://doi.org/10.3390/educsci10070182

Junior, J. B. B. (2020). Assessment for Learning With Mobile Apps: Exploring the Potential of in the Educational Context. International Journal of Development Research, 10(1), 33366–33371.

Liguori, E., & Winkler, C. (2020). From Offline to Online: Challenges and Opportunities for Entrepreneurship Education Following the COVID-19 Pandemic. Entrepreneurship Education and Pedagogy, 3(4), 346–351. https://doi.org/10.1177/2515127420916738

Nur Hidayat, W., Suswanto, H., Wijaya Kristanto, C., Pramudya Wardhani, A., Hamdan, A., & Kartika Sari, R. (2020). The effectiveness of interactive digital evaluation training for improving teacher skills in the covid-19 pandemic period. 4th International Conference on Vocational Education and Training, ICOVET 2020, 310–314. https://doi.org/10.1109/ICOVET50258.2020.9230070

Pentury, H. J., Rangka, I. B., Anggraeni, A. D., & Korespondensi, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru adaptif dan normatif dalam Pembelajaran Daring melalui Penerapan Kuis Interaktif Daring. 3(2), 109–114.

Toquero, C. M. (2020). Challenges and Opportunities for Higher Education amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context. Pedagogical Research, 5(4), em0063. https://doi.org/10.29333/pr/7947

Triatmaja, A. K., Wahyuni, M. E., Setyanto, B. N., Sudarma, R. T., & Oktavian, W. F. (2021). Optimalisasi Kemampuan Guru Melalui Pelatihan Kuis Interaktif Secara Daring Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Surya Masyarakat, 4(1), 45-51.

Triatmaja, A. K., Setyanto, B. N., Sudarma, R. T., & Oktavian, W. F. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Kuis Interaktif secara Daring Berbasis Teknologi Informasi. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 3, No. 1, pp. 788-794)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Adhy Kurnia Triatmaja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License