Implementasi Nilai-Nilai Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul

Sudarmini Sudarmini, Pujiati Suyata, Ani Yuliati, Piska Eka Widya, Diana Oktaviana, Asri Mustika Aji

Abstract


Latar belakang dilaksanakannya program PkM ini adalah untuk menjawab permasalahan terkait kesiapan sekolah dalam rangka menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan karena perubahan kurikulum. Alasan  kedua adalah mendesaknya kebutuhan guru untuk mendapatkan panduan yang praktis dalam pembelajaran dengan kurikulum merdeka sekaligus merancang mengimplementasikan Al Islam dan Kemuhammadiyah sebagai ruh sekolah Muhammadiyah. Tujuan: (1) memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang modul yang sesuai dengan kurikulum meredeka yang berkualitas dari sisi isi dan desain; (2) memberikan pelatihan dan pendampingan penulisan modul yang bermuatan nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan; (3) memberikan pendampingan penulisan evaluasi pada modul; dan (4) memberikan pendampingan  pengembangan modul sampai menjadi naskah dengan tata tulis yang benar. Metode yang digunakan adalah diskusi, penyuluhan, pelatihan dan praktek, serta pendampingan baik secara individual maupun klasikal. Kegiatan dibagi dalam tahapan: sosialisasi, Pelatihan I, Pelatihan II, Pendampingan I, II,  dan Pendampingan III. Kegiatan diakhiri dengan penyelesaian luaran. Hasil yang diperoleh dari program PkM ini adalah meningkatnya pengetahuan yang lebih intensif tentang  modul ajar dalam kurikulum merdeka dan terimplementasikannya nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahandalam modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas VII semester 2. Dampak dilakukannya program PkM ini adalah tersedianya modul ajar yang memadai untuk menjawab kesiapan sekolah dalam penerapan kurikulum merdeka sekaligus implementasi AIK sesuai dengan visi misi sekolah.

Keywords


implementasi; al Islam; kemuhammadiyahan; kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Budiarti, Santi, Nurbangun Nuswowati, dan Edy Cahyono. 2016. “Guided Inquiry Berbantuan E-Modul untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis” dalam Journal of Innovative Science Education (JISE 5 (2) (2016). P-ISSN: 2252-6412, E-ISSN 2502-4523. Hlm. 144-151.

Fausih, Moh dan Danang T. “Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan Istalasi Jaringan Lan untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK N 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 01 Tahun 2015. Hlm.1-9.

Nasucha, Yakub, Muhammad Rohmadi, dan Agus Budi Wahyudi. 2015. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penulisan Karya Ilmiah: Panduan bagi Mahasiswa, Ilmuwan, dan Eksekutif. Yogyakarta: Pilar Media.

Rahayu, Triwati, dkk. 2018. Mahir Berbahasa Indonesia: Bahan Ajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD.

Suarsana, I.M. dan G.A. Mahayukti. 2013. “Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa”. dalam Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 2, N0. 2, Oktober 2013. ISSN:2303-288X. Hlm. 254-275.

Sugihartini, Nyoman dan Nyoman Laba Jayanta. 2017. “Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran” dalam Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 14, No. 2, Juli 2017. P-ISSN: 0216-3241; E-ISSN: 2541-0652.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sudarmini Sudarmini, Pujiati Suyata, Ani Yuliati, Piska Eka Widya, Diana Oktaviana, Asri Mustika Aji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License