Penyuluhan bahaya coliform dan escherichia coli pada air minum dalam kemasan di BUMKal Karya Manunggal Jaya, Kalurahan Serut, Gedangsari, Gunung Kidul

Nurul Suwartiningsih, Qonitatul Hidayah, Damar Yoga Kusuma, Subhan Zul Ardi, Safinta Nurindra Rahmadhia

Abstract


Coliform merupakan bakteri intestinal yang hidup di dalam saluran pencernaan manusia dan merupakan indikator cemaran feses dalam air. Salah satu jenis Colifirom adalah E. coli yang dapat masuk ke dalam tubuh manusia akibat minuman yang terkontaminasi. Paparan E. coli bisa menimbulkan gejala seperti sakit perut, mual, diare, serta muntah. Umumnya anggota BUMKal Serut belum begitu mengetahui mengenai Colifom dan E. coli, bahaya serta cara pencegahan kontaminasinya pada produksi Air Minum dalam Kemasan (AMDK). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan mengenai Colifom dan E. coli, bahaya serta cara pencegahan kontaminasinya pada produksi AMDK pada anggota BUMKal Karya Manunggal Jaya, Kalurahan Serut, Gedangsari, Gunung Kidul. Kegiatan ini menggunakan metode penyuluhan. Hasil kegiatan ini menunjukkan dampak positif berupa peningkatan pengetahuan mengenai Colifom dan E. coli (93%), bahaya Colifom dan E. coli (100%) serta cara pencegahan kontaminasinya pada produksi AMDK (71%). Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan yang diberikan telah dapat meningkatkan pengetahuan anggota BUMKal Karya Manunggal Jaya.

Keywords


AMDK; E. coli; pemberdayaan masyarakat; kontaminasi air

Full Text:

PDF

References


Rifai KR, Anissa A. Verifikasi Metode Pengujian Coliform dalam Sampel Air Mineral. J Teknol Proses dan Inov Ind. 2019;4(2):45–51.

Hesty AP, Tosepu R, Karimuna SR. Identifikasi Bakteri Escherichia coli dan Gambaran Kondisi Fisik Sumur Gali di Sekitar Bekas Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) Sampah Punggolaka Kota Kendari. J Kesehat Masy Celeb. 2022;3(2):56–69.

Elza TL, Hermat, Shalsadilla R, Maelaningsih FS. Review: Analisis Cemaran Mikroba (Coliform, Escherichia coli) pada Makanan dan Minuman di Pasaran. Med Nutr J Ilmu Kesehat. 2023;1(4):1–15.

Permenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2010. p. MENKES.

Marlinda M, Moelyaningrum AD, Ellyke. Keberadaan Bakteri Escherichia coli dan Coliform pada Sumur Gali dan Bor Rumah Pemotongan Hewan (RPH). J Sains dan Seni ITS [Internet]. 2019;53(1):1689–99.

Mirza MN. Hygiene Sanitasi dan Jumlah Coliform Air Minum. J Kesehat Masy. 2014;9(2):167–73.

Jufri ES, Rahman I. Analisis Cemaran Bakteri Coliform Pada Minuman Jajanan dengan Metode MPN (Most Probable Number). J Syifa Sci Clin Res. 2022;4(1):162–72.

Hubaiba U, Ahmad Saktiansyah LO. Analisis Kandungan Escherichia coli pada Minuman Thai Tea di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Nurs Care Heal Technol J. 2021;1(2):110–6.

Widianto CS, Pambudi YS. Analisa Cemaran Eschericia coli dan Salmonella sp. serta Kualitas Fisik Tahu ditinjau dari Sanitasi Pabrik Tahu di Sentra Industri Tahu Krajan Mojosongo Surakarta. Intelektiva J Ekon Sos Hum Anal. 2021;03(03):1–11.

Afifa N, Miswan, Tasya Z. Analisis Kualitas Air Minum Isi Ulang di Wilayah Kerja Puskesmas Tete Kabupaten Tojo Una-Una. J Ris Kualitatif dan Promosi Kesehat. 2022;2(1):10–6.

Soryatmodjo D. Pemeriksaan Proses Pengolahan Air Minum Isi Ulang terhadap Jumlah Bakteri dan Pengujian Bakteriologi di Depot Tiban Kota Batam. J Pengabdi Masy. 2021;1(2):52–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Suwartiningsih, Qonitatul Hidayah, Damar Yoga Kusuma, Subhan Zul Ardi, Safinta Nurindra Rahmadhia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License