Implementasi Microsoft Excel dalam Peningkatan Kinerja TPA Masjid Jami' Sorogenen

Fauziyah Nur Jamal

Abstract


Perkembangan pendidikan saat ini menuntut adanya penggunaan aplikasi yang dapat mendukung berbagai aktivitas pendidikan. Microsoft Excel (Ms Excel) merupakan aplikasi yang banyak digunakan di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta dan lembaga pendidikan. Mitra sasaran pengabdian ini adalah TPA Masjid Jami’ Sorogenen, perannya dalam mendidik para santri agar terciptanya generasi yang Qur’ani. Pengeloaan manajemen TPA Masjid Jami’ Sorogenen diantaranya seperti merencanakan, melaksanakan pembinaan, mengarahkan dan penyelenggaraan pendidikan yang meliputi administrasi keuangan, kepegawaian, ketatausahaan serta membantu mengkoordinasikan kegiatan pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi adalah masih terdapat pengurus yang belum dapat menggunakan Ms. Excel baik dalam hal pendataan maupun penginputan data santri pada website dari kemenag. Maka, diperlukan pelatihan Ms. Excel dengan  tujuan tercipta pemahaman tentang  potensi  dan  manfaat penggunaan  Ms. Excel  dalam  pengelolaan  data  manajemen. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2023 dan diadakan forum diskusi group pada 27 Januari 2024. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini, melalui tatap muka secara langsung berupa presentasi dan praktik serta ditutup dengan diskusi. Kegiatan ini memberikan berbagai manfaat dan kemudahan pengurus TPA Masjid Jami’ Sorogenen dalam mengelola data  untuk menjadi lebih baik. Dampak positif dari kemudahan yang diberikan oleh Ms. Excel adalah pekerjaan yang selesai lebih cepat, efektif serta efisien. Hasil yang di rasakan para pengurus bahwa aplikasi Ms.Excel sangat bermanfaat dalam membantu kinerja dalam peningkatan pendidikan.


Keywords


Microsoft Excel, Website, Pengabdian kepada masyarakat

Full Text:

PDF

References


Effendi, H., Purnama, J., Melani, Y. I., & Mayah, V. (2021). Pelatihan Penggunaan Microsoft Excel Sebagai Pengolah Data Nilai Raport Di SMK PGRI I Palembang. 5, 5.

Farida, M., Agustini, D., & Rahman, A. (2019). Pelatihan penggunaan Microsoft excel untuk penggunaan nilai siswa pada MTS. Al-furqonBanjarmasin. 5, 5.

Petro, S., & Swatan, K. H. (2019). Pelatihan Microsoft excel sebagai sarana penunjang bagi siswa SMK YPSEI Palangka raya. JurnalAbdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 280–286. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.6011

Putri, A. R. (2015). Optimalisasi penggunaan Microsoft excel untuk pengolahan nilai raport di SMAN I tulungangung. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3, 4.

Kementrian agama. Gerbang data pendidikan kementrian agama. Diakses pada 10 September 2023, dari https://emis.kemenag.go.id/

Siregar, M. I., Saggaf, A., & Hidayat, M. (2021). Pelatihan pembuatan laporan keuangan berbasis Microsoft excel pada kerajinan songket mayang Palembang.. 5, 6.

Virma,S.,Askan.,Susanto.,Septi, F (2023). Pelatihan pemanfaatan icrosoft excel dalam penyusunan master tabel penelitian.. community development journal, vol 3 ,no 4.

Lilyani,A., Eka,R., Siti,E., Hylenarti,H (2023). Pelatihan Pembuatan Laporan Kerja Menggunakan Microsoft Excel Guna Mendukung Keahlian Staf Desa Kota Batu. Jurnal ABDIMAS BSI, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fauziyah Nur Jamal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License