Pengembangan profesionalisme guru melalui penelitian tindakan kelas dan publikasi ilmiah di MTs Muhammadiyah Gedongtengen

Trianik Widyaningrum, Indro Prastowo, Haris Setiawan

Abstract


Penelitian Tindakan kelas (PTK) dan publikasi ilmiah sangat penting dilakukan oleh guru berkaitan dengan pengajuan sertifikasi dan kenaikan jabatan bagi guru. Para guru di MTs Muhammadiyah Gedongtengen masih belum memahami pentingnya melakukan penelitian dan publikasi karena sulitnya mengatur waktu antara mengajar dan melakukan penelitian. Selain itu para guru belum memahami langkah-langkah melakukan PTK dan publikasi di jurnal ataupun media massa. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan bekal bagi guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya berupa melakukan penelitian, khususnya PTK dan publikasi di jurnal ilmiah maupun media massa. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan PTK dan publikasi ilmiah. Metode dalam melaksanakan solusi tersebut meliputi  FGD pada 25 Desember 2023. Pelatihan PTK pada Rabu, 7 Februari 2024 yang dihadiri oleh 16 Guru dari berbagai mata pelajaran. Para Guru dikelompokkan menjadi 6 kelompok bidang penelitian yaitu bidang bahasa, agama, sains, sosial, umum, dan matematika. Pendampingan PTK pada 14 Februari 2024. Pelatihan publikasi Ilmiah di jurnal dan media massa pada Kamis, 7 Maret 2024 yang dihadiri oleh 16 guru. Sebelum pelatihan diberikan kuesioner dan pretest terkait materi yang akan disampaikan dan setelah pelatihan diberikan posttest. Pengabdian masyarakat ini memberikan dampak langsung terhadap pengetahuan guru terkait PTK dan publikasi ilmiah yang dibuktikan dengan kenaikan nilai test dari 65 (pretest) menjadi 82 (post test). Berdasar uji t menunjukkan hasil yang berbeda nyata dengan nilai signifikansi < 0,05. Luaran pengabdian ini berupa Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian masyarakat ini dipublikasikan  secara online di KR terbit senin, 18 Maret 2024 dan dimuat di media sosial youtube.

 


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas, Publikasi ilmiah, MTs Gedongtengen

Full Text:

PDF

References


Triyono. Penelitian Tindakan Kelas: Apa dan Bagaimana Melaksanakannya? 2018.

Legiman. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Widyaiswara LPMP DI Yogyakarta. 2015;

Ramadhan A, Nadhira A. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Serunai J Ilm Ilmu Pendidik. 2022;8(1):121–8.

Azizah A. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna J Prodi Pendidik Guru Madrasah Ibtidaiyah. 2021;3(1):15–22.

Ahmad Sugijarto. Diklat Publikasi Ilmiah bagi Guru Madrasah. 2017.

Afandi M. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. J Ilm Pendidik Dasar UNISSULA. 2014;1(1):1–19.

Kumala F, Setiawan D. Pengabdian Publikasi Karya Limiah (Artikel Dan Prosiding) Gugus V Sdn Kecamatan Karangploso. J Ilm Sekol Dasar. 2017;1(4):237.

Ragil I, Atmojo W, Ardiansyah R. Analysis of Scientific Publication Skills of Elementary School Teachers. 2019;2(1):264–9.

Kusumah W. 5 Alasan Guru Takut Lakukan PTK. 2010.

Saipurrahman. Mengapa Guru Kurang Mampu Melakukan PTK, (On line),. 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Trianik Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License