Pendampingan KWT Mentari dalam Perintisan Produk Unggulan

Fatma Hermining Astuti, Siti Mahsanah Budijati, Wandhansari Sekar Jatiningrum

Abstract


Kelompok Wanita Tani (KWT) Mentari sebagai organisasi yang dibentuk oleh ibu-ibu rumah tangga di lingkungan Dukuh Gatak, Kelurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul sudah menanam dan berhasil panen dari tanaman pangan seperti bayam brazil, kangkung, sawi dan serai. Selama ini, pengetahuan yang dimiliki oleh anggota KWT adalah langsung menjual hasil tanaman pangan sebagai sumber pendapatan. Padahal, menjual produk dengan nilai tambah memiliki keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan menjual langsung hasil tanaman pangan. Dalam hal ini, KWT Mentari belum mempunyai produk unggulan. Untuk itu, kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk melakukan pendampingan dalam perintisan produk unggulan bagi KWT Mentari, sehingga KWT Mentari mendapatkan sumber penghasilan tambahan melalui pemasaran hasil panen yang bernilai tambah. Serangkain program PkM yang berupa penyuluhan dan pendampingan dilakukan oleh 3 dosen yang melibatkan 3 orang mahasiswa. Kegiatan ini diberikan kepada 23 orang anggota KWT Mentari. Program kegiatan PkM yang dilaksanakan antara lain pendampingan dan pelatihan pembuatan OPC keripik bayam brazil yang dilaksanakan 21 Januari 2024; Penyuluhan dan pendampingan penyusunan Business Model Canvas (BMC) yang dilaksanakan pada 28 Januari 2024. Selain itu, pada 29 April 2024 dilaksanakan penyuluhan terkait kemasan makanan dan pendampingan perancangan kemasan; dan program terakhir yaitu Penyuluhan pemasaran digital yang dilaksanakan pada 6 Mei 2024. Hasil dari serangkaian aktivitas PkM ini adalah dokumen BMC, SOP Pembuatan Kripik Bayam Brazil, desain kemasan produk dan strategi pemasaran produk sehingga KWT Mentari mempunyai produk unggulan yang siap dijual di pasaran.

Keywords


KWT; produk unggulan; BMC; SOP Produksi; Desain Kemasan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul. (2018). Kabupaten Bantul dalam Angka. Bantul : Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul. (2018). Kecamatan Sewon dalam Angka. Bantul : Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul.

Putranti, H., & Suparmi. (2016). Pengaruh Kemasan Ramah Lingkungan Dan Informasi Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Konsumen AMDK Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC, 87–98

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), 20-27.

Rusmanah, E., Irawan, A. W., & Andria, F. (2019). Implementasi Digital Marketing Guna Peningkatan Peluang Pasar Produksi Hasil Ternak Puyuh Masyarakat Desa Galuga. Jurnal ABM Mengabdi, 6(1), 14–25.

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2).

Widiyanto, A., Sulastiyono, R., Santoso, W., Abdilah, S., Rizki, M. F., & Perayoga, R. (2022). Empowering MSMEs in Dlinggo Hamlet through digital marketing as a means of promotion. Community Empowerment, 7(6), 988–993.

Osterwalder, A., Pigneur, Y. (2012), Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Redaksi OCBC NISP, (2021), Business Model Canvas Adalah: Pengertian, Elemen, dan Tips, diakses dari https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/12/20/business-model-canvas-adalah

Wignjosoebroto, S. (1995). Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. Teknik Analisis Untuk Peningkatan Produktivitas kerja, Edisi Pertama, PT. Guna Widya, Jakarta.

Yunus, I., & Hermanto, M. Z. (2020). Pembuatan Alat Mesin Bubut Mini Dari Kayu. Jurnal Desiminasi Teknologi, 8 (2).

Budijati, S. M. ., Astuti, F. H., & Jatiningrum, W. S. (2023). Penyusunan SOP sebagai Panduan Pengadaan Bahan Baku Pada Unit Bisnis Kunir Jalak . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5342–5347. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16225

Sajjad, M. B. A., Kalista, S. D., Zidan, M., & Christian, J. (2020). Analisis manajemen risiko bisnis. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 18(1), 51–61.

Rahmadiansyah, C., & Abin, R. (2023). Strategi Persaingan Usaha Melalui Business Model Canvas Pada Sentra Industri Kecil UD. Percetakan Hilmi Putra Di Desa Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(7), 2923–2934.

Sukarno, B. R., & Ahsan, M. (2021). Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 4(2), 51–61.

Mursyidah, A. (2022). Analisis Business Model Canvas Mengenai Program Dan Strategi Pemasaran Produk BSI Griya Pada Bank Syariah Indonesia. Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1).

Jatiningrum, W. S., Astuti, F. H., Sabiq, C. S., Andika, A. L., Adityo, L. B., dan Mastrisiswadi, H. (2019). Consumer Preference for Mocaf Packaging using Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 18(2), 153–160. https://doi.org/ 10.23917/jiti.v18i2.8473

Astuti, F. H., & Jatiningrum, W. S. (2019). Pendampingan Manajemen Usaha Produksi Modified Cassava Flour (Mocaf) bagi KWT Ngudi Sari, Desa Kemiri, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 23-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fatma Hermining Astuti, Siti Mahsanah Budijati, Wandhansari Sekar Jatiningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License