Pelatihan optimalisasi sosial media dan desain grafis untuk media promosi sekolah dan konten pembelajaran

Dewi Soyusiawaty, Lisna Zahrotun, Miftahurrahma Rosyda

Abstract


Badan Kerjasama Sekolah (BKS) SD/MI Muhammadiyah/Aisyiyah Kabupaten Bantul bertujuan meningkatkan daya saing guru dan proses pembelajaran dengan penggunaan teknologi. Meskipun telah ada peningkatan dalam pembelajaran setelah pelatihan selama 3 tahun, media promosi sekolah masih kurang optimal, terutama dalam pemanfaatan sosial media seperti Facebook, Instagram, dan YouTube. Para guru juga kurang memanfaatkan teknologi yang dapat mempermudah membuat konten pembelajaran yang menarik.  BKS mengusulkan pelatihan optimalisasi sosial media (Instagram dan TikTok) serta desain grafis (Canva dan Capcut) untuk memperbaiki hal ini.  Metode pelatihan meliputi pra pelatihan melalui kuisioner untuk mengetahui kemampuan guru, penyusunan modul materi, pelatihan langsung tatap muka, pemberian tugas akhir, pendampingan, dan evaluasi. Hasilnya mencakup modul materi, pelaksanaan pelatihan, karya peserta, dan dokumentasi kegiatan. Dari evaluasi yang dilakukan, maka pelatihan berhasil meningkatkan kemampuan peserta dalam membuat konten promosi sekolah di sosial media dan membuat konten pembelajaran, dengan capaian 87% peserta mendapatkan nilai di atas 80.


Keywords


CapCut, Canva, Desain Grafis, Instagram, Tiktok, Sosial Media

Full Text:

PDF

References


Administrator. (2018). Pelatihan Gizi Bagi Guru TK/ PAUD, SD, SMP, SMA/SMK di Kabupaten Sambas. Retrieved from https://setjen.kemdikbud.go.id/setjen/berita-pelatihan-gizi-bagi-guru-tkpaud-sd-smp-smasmk-di-kabupaten-sambas-.html

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Kusnaeni, R., Chodijah, S. Ra., & Hamidah, H. F.-M. (2018). Peningkatan Kompetensi Dan Kinerja Tenaga Pendidik Paud Melalui Komunikasi Efektif. Jurnal Kehumasan (GUNAHUMAS), 1(2), 224–235.

Noviyana, H., & Kirana, A. R. (2018). Program Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Matematika Bagi Tutor PAUD dan Guru TK IT etia Bandar Lampung. Adiguna : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 21–27.

Purnomo, B., Martono, B., & Widayati, W. (2018). Pemberdayaan Guru Pos PAUD (PPT) Kuncup Ceria RW V Kelurahan Wonokromo, Surabaya Tentang Pembelajaran Aktif, Inovatif dan Menyenangkan.

Yulianti, D., & Dewanti, S. . (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Taman Kana-Kanak Kota Semarang dalam Membuat Alat Bermain Sains dari Limbah. Jurnal Rekayasa, 13(2), 160–166.

R, Alfaini & R, Ainur. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mendukung Implementasi Manajemen Humas Sekolah. Inspirasi Manajemen Pendidikan. Vol 10 No 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dewi Soyusiawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License