Belajar dan bergembira untuk cegah anemia pada remaja (BERCHANDA): Edukasi remaja sehat di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta

Mustika Cahya Nirmala Dewinta, Erni Gustina, Khairunisa Ramadhani

Abstract


Masalah anemia masih menjadi problematika kesehatan masyarakat yang perlu memperoleh perhatian karena prevalensinya yang kian meningkat. Di Kabupaten Sleman, diketahui prevalensi anemia remaja meningkat signifikan dari tahun 2016 hingga 2018. Status gizi, kesehatan reproduksi, dan anemia adalah hal-hal yang saling berkaitan, terutama pada remaja putri. Status gizi mempengaruhi gangguan sistem reproduksi dan berdampak pada gangguan menstruasi, serta berkaitan erat dengan kejadian anemia pada remaja putri. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman remaja putri tentang pentingnya pemenuhan gizi dan perhatian terhadap kesehatan reproduksi dalam rangka pencegahan anemia pada remaja.

Rangkaian kegiatan edukasi yang dilakukan dalam kegiatan PkM ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi untuk mendukung penanggulangan masalah anemia pada remaja. Metode edukasi yang dilakukan berupa pemeriksaan status gizi, deteksi anemia, permainan edukatif seputar gizi remaja, kesehatan reproduksi, dan pencegahan anemia, serta konsultasi bersama pakar. Kegiatan ini melibatkan pakar yang merupakan dokter spesialis dan ahli gizi untuk memberikan konsultasi. Selain itu, kegiatan edukasi dan pemeriksaan melibatkan tenaga ahli terlatih yang tergabung dalam mitra PkM, yaitu relawan PASHMINA PCNA Depok, serta MPKU PCM Depok. PkM ini diharapkan dapat dijadikan model untuk diadopsi sebagai salah satu alternatif program edukasi kesehatan pada remaja.


Keywords


remaja, anemia, gizi, kesehatan reproduksi, edukasi

Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Sleman. Laporan Pemantauan Status Gizi. 2018.

Utami A, Mufida W, Mulyani D, Ibawi R, Susilo S. PKM Posyandu Remaja Kelompok “Angkatan Muda Purworejo Hargobinangun”(Ampuh) Pakem, Sleman. In: Prosiding University Research Colloquium. 2020. p. 193–9.

Muhayati A, Ratnawati D. Hubungan Antara Status Gizi dan Pola Makan dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia. 2019;9(1):563–70.

Astuti D, Kulsum U. Pola menstruasi dengan terjadinya anemia pada remaja putri. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan. 2020;11(2):314–27.

Lestari S, Rufaida Z, Susanti I. Pola Menstruasi dengan Anemia pada Remaja Putri di Klinik Aulia Husada, Jetis, Mojokerto. Hosp Majapahit (Jurnal Ilmu Kesehatan Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto). 2018;10.

Nofianti I, Juliasih N, Wahyudi I. Hubungan Siklus Menstruasi dengan Kejadian Anemia Remaja Putri di SMP Negeri 2 Kerambitan Kabupaten Tabanan. Jurnal Widya Biologi. 2021;12(1):58–66.

Sholicha C, Muniroh L. Correlation between intake of iron, protein, vitamin C and menstruation pattern with Haemoglobin concentration among adolescent girl in senior high school 1 Manyar Gresik. Media Gizi Indonesia. 2019;14:147–53.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mustika Cahya Nirmala Dewinta, Erni Gustina, Khairunisa Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License