Pelatihan fermentasi kakao sebagai upaya peningkatan kualitas biji kakao pada Kelompok Wanita Tani di Desa Gedangrejo Gunung Kidul

Farrah Fadhillah Hanum, Budi Barata Kusuma Utami, Rokhmayanti Rokhmayanti, Cahya Umi, Zulia Arifah, devi Nurfalah

Abstract


Di Indonesia, produksi biji kakao menduduki peringkat ketiga setelah Pantai Gading dan Ghana. Kabupaten Gunungkidul, yang terletak di bagian timur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), merupakan salah satu daerah dengan tanaman coklat yang luasnya mencapai 1.367,28 hektar, menghasilkan sekitar 407,2 ton per tahun. Kabupaten ini, dengan pusat kota bernama Wonosari, memiliki beberapa desa yang memiliki potensi besar dalam menghasilkan tanaman kakao, salah satunya adalah Desa Gedangrejo.Kegiatan pelatihan fermentasi kakao di Desa Gedangrejo menjadi relevan dalam mengatasi persoalan rendahnya kualitas biji kakao, khususnya di kalangan petani anggota Kelompok Wanita Tani (KWT). Dengan meningkatnya kualitas biji kakao melalui pelatihan ini, diharapkan dapat membantu mengatasi krisis kakao yang dialami Indonesia, sekaligus meningkatkan produksi cokelat yang mampu memenuhi standar pasar. Evaluasi kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan peserta terkait proses fermentasi dan manfaatnya. Harapannya, kegiatan ini akan membawa perubahan positif dalam kualitas dan nilai gizi biji kakao di Desa Gedangrejo, serta memberikan kontribusi positif terhadap kondisi pasar kakao secara keseluruhan di Indonesia.


Keywords


fermentasi; KWT; tanaman kakao; biji kakao

Full Text:

PDF

References


Bertha FD. Penerapan Teknologi Pemangkasan, Pemupukan, Panen Sering, Dan Sanitasi (P3S) Dalam Pengendalian Hama Penggerek Buah Kakao (PBK) Di KSU Plea Puli, Desa Bloro, Kecamatan Nita. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara. 2023;3(4):61–4.

Nizori A, Tanjung OY, Ulyarti U, Arzita A, Lavlinesia L, Ichwan B. Pengaruh Lama Fermentasi Biji Kakao (Theobroma Cacao L.) Terhadap Sifat Fisik, Kimia dan Organoleptik Bubuk Kakao. Jurnal Pangan dan Agroindustri. 2021;9(2):129–38.

Rachmatullah D, Putri DN, Herianto F, Harini N. Karakteristik biji kakao (Theobroma cacao L.) Hasil fermentasi dengan ukuran wadah berbeda. VIABEL: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian. 2021;15(1):32–44.

Nurlina H, Millaty M, Pratama M. Analisis Wilayah dan Kontribusi Kakao Terhadap Pembangunan Daerah di Kabupaten Gunung Kidul. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 2024;10(1):80–7.

Haliza W, Purwani EY, Fardiaz D, Suhartono MT. Kakao Fermentasi: Pelepasan Peptida Bioaktif Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Perspektif. 2020;18(2):104–19.

Senna AB. Pengolahan pascapanen pada tanaman kakao untuk meningkatkan mutu biji kakao. Jurnal Triton. 2020;11(2):51–7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Farrah Fadhillah Hanum, Budi Barata Kusuma Utami, Rokhmayanti Rokhmayanti, Cahya Umi, Zulia Arifah, devi Nurfalah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License