Penyuluhan pemanfaatan ekstrak sereh dalam produk sabun minyak jelantah sebagai upaya pengolahan limbah organik home industry Hanamaza Bakery

Aster Rahayu, Dhias Cahya Hakika, Siti Jamilatun, Veranica Veranica, Nafira Alfi Zaini Amrillah

Abstract


Sebagai home industry yang bergerak di bidang pangan, Hanamaza Pan Bakery menghasilkan limbah organik dalam bentuk minyak jelantah. Minyak jelantah merupakan minyak goreng bekas dipakai berulang kali yang berdampak negatif bagi lingkungan karena dapat mencemari air dan tanah jika tidak dikelola dengan baik. Salah satu solusi yang dapat dikembangkan adalah dengan menerapkan teknologi tepat guna berupa pengolahan minyak jelantah menjadi produk berupa sabun. Selain memberikan solusi terhadap masalah limbah minyak jelantah, pembuatan sabun juga memiliki potensi untuk menciptakan produk tambahan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan bagi mitra. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra yaitu Hanamaza Pan Bakery dalam hal pengolahan limbah organik khususnya minyak jelantah menjadi produk sabun. Selain itu, dalam proses pembuatan sabun juga akan ditambahkan ekstrak sereh sebagai tambahan alami untuk meningkatkan sifat antibakteri dari sabun yang dibuat. Tahapan kegiatan pengabdian terdiri dari persiapan, penyuluhan dan demo, serta evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penyuluhan yang dilakukan menambah pengetahuan mitra sebanyak 58% terkait dengan pemanfaatan minyak jelantah menjadi sabun padat dengan adanya penambahan bahan alami berupa ekstrak sereh. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada mitra terkait pengolahan limbah organik menjadi produk tambahan yang bernilai tambah sehingga dapat mendorong peningkatan ekonomi mitra.

Keywords


home industry; limbah organik; minyak jelantah; sabun; sereh

Full Text:

PDF

References


Food and Agriculture Organization. Global food losses and food waste. 2022 Sep 29; Available from: https://www.fao.org/newsroom/detail/FAO-UNEP-agriculture-environment-food-loss-waste-day-2022/en

Subekti S. Pengolahan Limbah Cair Tahu menjadi Biogas sebagai Bahan Bakar Alternatif. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi. 2011;1(1).

Ibrahim I, Evama Y, Sylvia N. Ekstrak Minyak Dari Serai Dapur (Cymbopogon Citratus) Dengan Menggunakan Metode Maserasi. Jurnal Teknologi Kimia Unimal. 2021;10(2):57.

Rahayu A. Preparation of Solid Soap With Lemongrass (Cymbopogon Citratus) Extract By Cold Process. Agroindustrial Technology Journal. 2023;7(2):60–70.

Mufidah E, Dewi IA. Education and Training on Making Solid Washing Soap Based on Used Cooking Oil (Study on Students of SMAN 9 Malang. Journal of Innovation and Applied Technology. 2023 Jul;9(1).

Aisyah DS, Ilahi NP, Soleha H, Gamayanti W. Pembuatan Sabun Padat dari Minyak Jelantah sebagai Solusi Permasalahan Limbah Rumah Tangga dan Home Industri. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2021 Nov;1(31).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dhias Cahya Hakika, Aster Rahayu, Siti Jamilatun, Veranica Veranica, Nafira Alfi Zaini Amrillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License