Pendampingan untuk merancang pemasaran produk secara digital di Desa Prima Dahlia

Amalia Yuli Astuti, Ika Dyah Kumalasari, Utaminingsih Linarti

Abstract


Pemasaran digital merupakan metode yang saat ini digunakan untuk menjangkau pasar secara luas, mudah, dan efisien. Desa Prima Dahlia merupakan salah satu wadah bagi ibu-ibu di Badran RW 11, Bumijo, Jetis, Kota Yogyakarta yang memiliki anggota-anggota yang aktif dalam usaha rumah tangga. Salah satu kelemahan dari para anggota adalah kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam memasarkan produk secara digital. Program dari pengabdian ini bertujuan memberikan tambahan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan para anggota dalam memasarkan produknya secara digital. Program ini dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan digital marketing dan diikuti oleh pendampingan untuk membuat katalog produk digital. Pelaksanaan program dilakukan dengan melibatkan para anggota Desa Prima Dahlia, tim dosen, dan mahasiswa dalam menyusun katalog produk dan pendampingan untuk mengambil foto-foto produk yang dipakai dalam media sosial. Terdapat peningkatan pengetahuan dari para anggota di mana rerata awalnya sebelum pendampingan adalah 50 menjadi 79,4.


Keywords


desa prima dahlia; media sosial; pemasaran digital; usaha rumah tangga

Full Text:

PDF

References


Astuti AY, Budiarti GI, Linarti U. Peningkatan pengetahuan mengenai pemasaran digital kepada para ibu anggota Desa Prima Dahlia. In: Yogyakarta LU ‘Aisyiyah, editor. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta; 2023. p. 517–22.

Kementerian Koperasi dan UKM. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah Dan Usaha Besar Tahun 2017-2018. https://www.kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1580223129_PERKEMBANGAN%20DATA%20USAHA%20MIKRO,%20KECIL,%20MENENGAH%20(UMKM)%20DAN%20USAHA%20BESAR%20(UB)%20TAHUN%202017%20-%202018.pdf. 2018. p. 1–2.

Astuti AY, Huda NN. Tingkat Kesiapan Masyarakat Kota Yogyakarta terhadap Teknologi dalam Layanan Pemerintah Berbasis Elektronik. J JARLIT. 2020;16:80–99.

Rukmi AM, Irawan MI, Mukhlash I, Hidayat N, Iqbal M. Pengembangan Pemasaran Digital dan Finansial bagi Pengusaha Perempuan dalam Pemberdayaan Usaha Mikro di Surabaya. Sewagati. 2024;8(2):1276–84.

Safitri S, Marcheren AG, Fauziah A, Rahma AD, Guci LP, Wijayanti MR, et al. Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing, Branding, Manajemen Keuangan dan Sertifikasi Halal pada UMKM Desa Maredan Barat. Madaniya. 2024;5(1):112–9.

Rahman M, Zakiyyah AM, Dasuki M, Umilasari R, Abdurrahman G. Pemberdayaan Pelaku Industri Rumah Tangga (IRT) Melalui Inovasi Pembuatan Korean Strawberry Milk Dan Pemasaran Produksi Berbasis Digital Marketing. Communnity Dev J [Internet]. 2024;5(2):3407–13. Available from: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/26826


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Amalia Yuli Astuti, Ika Dyah Kumalasari, Utaminingsih Linarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License