Pelatihan mitigasi bencana gempa bumi berbantuan virtual reality bagi kader pimpinan cabang muhammadiyah kretek bantul

Oktomi Wijaya, Dholina Inang Pambudi, Muhammad Nur Syuhada

Abstract


Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul merupakan daerah yang rawan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami. Dalam mengurangi risiko bencana perlu upaya pendidikan dan pelatihan kebencanaan kepada masyarakat. Pelatihan berbasis Virtual Reality (VR) dalam kesiapsiagaan bencana telah semakin diakui sebagai alternatif dalam pelatihan dan simulasi bencana. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kretek Kabupaten Bantul dalam merespon bencana gempa bumi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Gedung Balai Muslimin Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Parangtritis. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan penyuluhan dan simulasi. Peserta pelatihan mengisi pre-test dan post-test sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Peserta dalam pelatihan ini adalah 28 kader Muhammadiyah/Aisyiyah di PCM Kretek. Pelatihan dan simulasi gempa bumi menggunakan VR terdiri dari 3 skenario utama yaitu prosedur sebelum, saat, dan setelah gempa bumi terjadi.Kegiatan pelatihan mitigasi bencana gempa bumi dengan menggunakan VR ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan terjadi kenaikan yang signifikan terhadap pengetahuan peserta dari rerata 54,29 pada pre-test menjadi rerata 85,35 pada post-test. Dengan demikian, penggunaan media VR dapat dijadikan salah satu alternatif untuk pelatihan dan simulasi bencana yang interaktif. 


Keywords


pelatihan; mitigasi; bencana; gempa bumi; virtual reality

Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Indeks Risiko Bencana Indonesia Tahun 2023. Vol. 02. 2024.

Waluyo FA, Wardhani MK. Perencanaan Wilayah Pesisir Berbasis Mitigasi Bencana Tsunami Studi Kasus Di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Juv Ilm Kelaut dan Perikan. 2021;2(3):226–35.

Abidin H. Deformasi Koseismik dan Pascaseismik Gempa Yogyakarta 2006 dari Hasil Survei GPS. Indones J Geosci. 2009;4(4):275–84.

Giyarsih SR, Dalimunthe SA. The Influencing Factors Of Housing Quality Post-Earthquake In Pleret Subregency, Bantul Regency. EJournal Undip. 2013;15(1):28–38.

Sun Y. Disaster Education Based on Community of Practice: A Case Study in Okitsu Community. J Integr Disaster Risk Manag. 2013;3:92–106.

Nifa FAA, Abbas SR, Lin CK, Othman SN. Developing a disaster education program for community safety and resilience: The preliminary phase. AIP Conf Proc. 2017;1891.

Farra SL, Miller ET, Hodgson E. Virtual reality disaster training: Translation to practice. Nurse Educ Pract [Internet]. 2015;15(1):53–7. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.nepr.2013.08.017

Feng Z, González VA, Amor R, Spearpoint M, Thomas J, Sacks R, et al. An immersive virtual reality serious game to enhance earthquake behavioral responses and post-earthquake evacuation preparedness in buildings. Adv Eng Informatics [Internet]. 2020;45(April):101118. Available from: https://doi.org/10.1016/j.aei.2020.101118

Feng Z, González VA, Mutch C, Amor R, Rahouti A, Baghouz A, et al. Towards a customizable immersive virtual reality serious game for earthquake emergency training. Adv Eng Informatics [Internet]. 2020;46(July):101134. Available from: https://doi.org/10.1016/j.aei.2020.101134

Subardjo P, Ario R. Uji Kerawanan Terhadap Tsunami Dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) Di Pesisir Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. J Kelaut Trop. 2016;18(2):82–97.

Pangestuti TM, Kamil M, Sardin S. Model Pelatihan Andragogi Berbasis Media Virtual Reality Dalam Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana. Indones J Adult Community Educ. 2023;2(1):38–43.

Anna A, Siregar I, Theresia C, Studi P, Industri T, Parahyangan UK, et al. Perancangan Simulasi Prosedur Evakuasi Darurat Gempa Bumi di Gedung X Berbasis Virtual Reality Simulation Design of Earthquake Emergency Evacuation Procedure in X Building Based on Virtual Reality Administration ( 2022 ), Indonesia menempati posisi tiga n. 2023;6(2):144–63.

Arif Reza W. Media Interaktif Berbasis Virtual Reality. 2019;5(1):99–107.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Oktomi Wijaya, Dholina Inang Pambudi, Muhammad Nur Syuhada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License