Penyusunan Buku Cerita sebagai ProjePenyusunan buku cerita sebagai projek lietrasi dan STEAM bagi PAUD di Yogyakartak Lietrasi dan STEAM bagi PAUD di Yogyakarta

Toni Kus Hendratno, Avanti Vera Risti Pramudyani, Hermanto Hermanto, Dewi Eko Wati

Abstract


Kurikulum Merdeka dengan ciri khas memberikan kebebasan diimplementasikan dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Khususnya dalam capaian pembelajaran literasi dan STEAM guru dapat berkreasi dengan kegiatan beragam. Tujuan dari kegiatan adalah ini untuk dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru di PAUD khususnya layanan TK dalam menyusun buku cerita bergambar sebagai bentuk projek pembelajaran dengan muatan literasi dan STEAM. 

Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara luring menggunakan ceramah, diskusi, PjBL, dan praktek. Dalam penyiapan tempat dan peserta pelaksana kegiatan PkM dibantu oleh mitra. Kegiatan pelatihan dilakukan dalam 2 termin. Termin 1 telah terlaksana pada tanggal 13 dan 14 Februari 2024. Peserta dari guru di lembaga PAUD Terpadu Ngampilan dan TK Nyai Ahmad Dahlan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh 3 orang dosen danmahasiswa dari Prodi Pendidikan Fisika, PBSI, dan PG PAUD. 

Luaran kegiatan pengabdian ini adalah meningkatan pengetahuan dan penguasaan projek lietrasi dan STEAM; Video kegiatan di Yotube LPPM UAD; artikel publikasi seminar nasional; HKI kegiatan; publikasi di media massa; dan naskah AI.

 


Keywords


literasi, steam, projek

Full Text:

PDF

References


B. S. K. d. A. Pendidikan, Keputusan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 33/H/KR/2022 tentnag Perubahan Capaian Pembelajaran Pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka, Jakarta: Kemeneterian Pendidikan. Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2022.

A. R., Between Will and Wildness in STEM Education, " In Why Science and Art Creativities Matter., Pittsburgh: Sense, 2019.

M. E. e. a. e. a. Buzz, Will the scientific and technology workforce meet the requirements of the federal government?, Pittsburgh : RAND, 2020.

Supriyanto, "https://www.popmama.com," 5 Maret 2022. [Online]. Available: https://www.popmama.com/big-kid/10-12- years-old/devi-ari-rahmadhani/penerapan-kurikulum-merdeka-pembelajaran- berbasis-proyek.. [Accessed 30 Sept 2023].

M. Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2020.

D. e. a. Ernawati, "Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkankemampuan Bersosialisasi Anak Pada Pembelajaran Di Kelompok B Tk Genengsari 01 Polokarto Sukoharjo Tahun 2012 / 2013," Kumara, vol. 1, no. 2013, pp. https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=0C AIQw7AJahcKEwiw4I_lwo-, 1.

N. a. N. A. melia, "Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi," Buhuts Al - Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 40-58, 2021.

A. V. R. Pramudyani and K. I. Toni, "Pemahaman Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematic (STEAM) pada Calon Guru PAUD," Obsesi, vol. 5, no. 6, pp. 4077-4088, 2022.

A. R. U. W. S. J. J. Z. N. W. B. &. N. N. Fitrianingtyas, "Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di PAUD," Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 5, pp. 5675 - 5686, 2023.

D. Astuti, "Pengaruh Penggunaan Metode Proyek Terhadap Motivasi Pada Anak Kelompok B Tk Panti Dewi Tanjungtirto Kalitirto Berbah Sleman Yogyakarta," Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 6, Pp. 586-599, 2016.

N. Husnaini, "Identifikasi Pola Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini Di Kota Mataram," Jurnal Pendidikan Anak, vol. 7, no. 1, pp. 30 - 39, 2018.

A. P. Rahayu, "Analisis Stimulasi Kemampuan Literasi Siswa PAUD melalui Mendongeng," DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan dan Pengetahuan, vol. 22, no. 1, pp. 92-99, 2022.

M. A. Sari And S. J. Andajani, "Implementasi Pembelajaran Literasi Dasar Pada Anak Kelompok B Di Tk Negeri Pembina Surabaya," Jurnal Paud Teratai, Vol. 7, No. 1, Pp. 1-5, 2018.

R. Yulia and E. Delfi, "Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini," Golden Age, vol. 5, no. 1, pp. 53-60, 2021.

S. Wahyuningsih, A. R. Pudyaningtyas, R. Hafidah, M. M. Syamsudin, R. E. E. Upik and N. E. Nurjanah, "Efek STEAM pada Kreativitas Anak Usia Dini," Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 295-301, 2020.

N. Pitaloka and S. I. Sinaga, "PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF ANAK," Jurnak Kumara Cendekia, Vol. 11, No. 1, Pp. 85-91, 2023.

N. Qomariyah and Z. Qalbi, "Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan," JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, vol. 3, no. 1, pp. 47-52, 2021.

Sholihah, S. U., Pembelajaran Membaca Cerita Rakyat Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik di MI Nurul Huda Ngawun, Parengan Tuban , EDU-KATA, vol. 8 No. 1, pp. 51-59, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Avanti Vera Risti Pramudyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License