Implementasi model school based enterprise berbasis learning community di sanggar belajar malaysia

Meita Fitrianawati, Ishafit Ishafit, Dian Artha Kusumaningtyas

Abstract


Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) meningkat selama dua tahun terakhir menyebabkan anak-anak belum mendapatkan pendidikan yang layak. Salah satu yang menangani anak migran ini adalah sanggar bimbingan Sentul. Tujuan dari kegiatan ini adalah a) meningkatkan kemampuan mitra dalam mengembangkan layanan pendidikan kurang sehingga pemahaman tentang mengembangkan pembelajaran inovatif yang masih kurang masih sangat diperlukan, b) memaksimalkan  pendampingan pada anak-anak. Peserta pada pelatihan ini adalah guru dan siswa di Sanggar belajar di Malaysia. Pengabdian ini menggunakan metode yaitu pelatihan, Workshop dan Pendampingan selama 6 bulan yaitu pada bulan Januari – Mei 2024. Berdasarkan hasil yang diperoleh diperoleh bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan ketrampilan model school based enterprise berbasis learning community sebesar 50%


Keywords


model school based enterprise, learning community, sanggar belajar.

Full Text:

PDF

References


Badan Perlidungan Pekerja Migran Indonesia. Data Penempatan dan Pelindungan PMI Periode Februari 2023. https://bp2mi.go.id/statistik-detail/data-penempatan-dan- pelindungan-pmi-periode-februari-2023. 2023.

Mabruri ZK. Tinjauan Kurikulum Darurat (Dalam Kondisi Khusus). Jurnal Penelitian Pendidikan. 2021 Dec 30;13(2):107–12.

Martin R, Simanjorang M. Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. PROSIDING PENDIDIKAN DASAR [Internet]. 2022; Available from: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index

KOMISI IX. Pemerintah Harus Perhatikan Pendidikan Anak-anak TKW. https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/7045/t/Pemerintah%20Harus%20Perhatikan%20Pen didikan%20Anak-anak%20TKW. 2021.

Sandora M. KONSEP PENDIDKAN ANAK MARGINAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender. 2020 Jan 21;18(2):196.

Arina Rahma R, Wahyuni S, Sugeng Desyanty E. Training on Aglaonema Ornamental Plant Cultivation to Improve Self-Employment Ability of Learners of Community Learning Community (CLC) in Malang Regency.

Kristen U, Wacana S, Hardiansyah F. The Implementation of School-Based Management in Improving Quality of Education in Primary School. (9):148–62.

Maryam S, Nurfajrin Ningsih D, Sanusi D, Cahya Wibawa D, Sri Nurlaila Ningsih D, Farid Fauzi H, et al. PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR YANG INOVATIF, ADAPTIF, DAN KOLABORATIF INNOVATIVE, ADAPTIVE AND COLLABORATIVE TEACHING MODULE DEVELOPMENT TRAINING. JOURNAL OF EMPOWERMENT [Internet]. 2022;3(1). Available from: https://meet.google.com/tuy- wfde-keo

Zahid Zufar At Thaariq, Agus Wedi. Model Adaptive Blended Curriculum (ABC) sebagai Inovasi Kurikulum dalam Upaya Mendukung Pemerataan Pendidikan. Jurnal Kiprah. 2020 Nov 19;8(2):91–104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Meita Fitrianawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License