Optimalisasi penggunaan aplikasi chatgpt dalam pencarian informasi bagi guru

lisna zahrotun, Dewi Soyusiawaty, Ika Arfiani, Imam Ramdhan, Intan Dwi Hapsari

Abstract


Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin cepat. Salah satunya adalah mensin pencari yang dilengkapi dengan Artificial Inteligent yaitu ChatGPT. Pada bidang pendidikan Artificial Intelegent (AI) memiliki peran krusial dalam membentuk masa depan generasi muda, terutama di era digital seperti saat ini. Guru merupakan salah satu bagian yang memiliki peran penting dalam dunia Pendidikan. Guru memastikan bahwa siswa tidak hanya memahami materi pelajaran, tetapi juga memperoleh keterampilan hidup yang relevan dengan tuntutan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu untuk mengimbangi perkembangan AI maka para Guru juga harus memahami dan mengerti apa itu AI. Dalam pengabdian ini dilakukan pelatihan penggunaan ChatGPT bagi para Guru. Dimana ChatGPT merupakan salah satu aplikasi AI yang berkembang saat ini. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini persiapan, pelaksanaan, pendampingan dan evaluasi. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adlah terlaksananya pelatihan ChatGPT pada hari Jumat , Tanggal 15 September 2023 bertempat di Gedung TK ABA Ngabean. Pengukuran hasil pelatihan dilakukan dengan mengunakan kuisioner dan menunjukkan kepahaman peserta terkait penggunaan aplikasi ChatGPT ini sebesar 85,5%. Hal ini menunjukkan bahwa pengabdian sudah terlaksana dengan baik dan sudah memberikan kepahaman kepada para Guru dengan baik dalam menggunakan aplikasi ChatGPT.


Keywords


Artificial Inteligent, ChatGPT, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Anis Y, Mukti AB, Mulyani S. Pelatihan Pemrograman Scratch Bagi Guru-Guru Sd Islam Al Madina Semarang. 2023;6(2023).

Pratiwi D, Najih M, Siswanto T, Mardianto I. Pelatihan Media Pembelajaran Google Apps Dan Scratch Untuk Guru Di Masa Pandemi Covid-19. J Abdimas BSI J Pengabdi Kpd Masy. 2022;5(2):195–202.

Wulandari KY, Ketut N, Partini S, Komang N, Ulan A, Jayanti K, et al. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA Evaluasi Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran IPA ( Aplikasi Scratch ). 2023;6:162–9.

Isnaini M, Fujiaturahman S, Utami LS, Zulkarnain Z, Anwar K, Islahudin I, et al. Pemanfaatan Aplikasi Scratch Sebagai Alternatif Media Belajar Siswa “Z Generation” Untuk Guru-Guru Sdn 1 Labuapi. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2021;5(1):871.

Chasannudin A, Nuraini L, Luthfiya NA. Pelatihan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Pada Guru. Kifah J Pengabdi Masy. 2022;1(2):153–68.

Nafiah N, Ghufron S, Mariati P, Ruliansyah A. Pelatihan Dan Pendampingan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Interaktif Berbasis Digital Aplikasi Scratch. Indones Berdaya. 2022;4(1):19–28.

Indrawan GB, Andiani Octavia IG, Arya Ardivan Pratama Saputra G, Krishna Adi IG, Lanang Agung Andrayuga IG, Joni Erawati Dewi L. Pelatihan scratch programming untuk anak-anak SD Umeanyar. Unri Conf Ser Community Engagem. 2021;3:235–41.

Suryanto AA, Arifia A, Nurlifa A, Muqtadir A, Amaluddin F, Haryoko A, et al. PELATIHAN PENGENALAN CODING BAGI GURU SD MENGGUNAKAN SCRATCH Jr. J Pengabdi Pada Masy METHABDI. 2022;2(2):117–9.

Tajuddin S, Anoegrajekti N, Attas SG, Bahtiar IR. Peningkatan Kompetensi Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Scratch Bagi Guru-guru Bahasa Indonesia Kabupaten Cianjur. 2023;4(4):2594–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 lisna zahrotun, Dewi Soyusiawaty, Ika Arfiani, Imam Ramdhan, Intan Dwi Hapsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License