Penguatan kapasitas Sekolah Muhammadiyah/Aisyiyah menuju satuan pendidikan aman bencana di Kapanewon Sleman

Oktomi Wijaya, Zahrul Mufrodi, Dholina Inang Pambudi, Afan Kurniawan

Abstract


Kapanewon Sleman merupakan wilayah yang rawan gerhadap bencana. Bencana dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sarana prasarana sekolah. Oleh karena itu, diperlukan satuan pendidikan yang dapat menjamin keselamatan warga satuan pendidikan. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk menguatkan kapasitas sekolah Muhammadiyah/Aisyiyah di Kapanewon Sleman menuju satuan pendidikan aman bencana (SPAB). Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan secara tatap muka di SMK Muhammadiyah 2 Sleman dan SD Muhammadiyah Sleman. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan penyuluhan, diskusi, praktik dan simulasi. Peserta pelatihan mengisi pre-test dan post-test sebelum dan sedudah pelatihan. Peserta dalam pelatihan ini adalah PCM Sleman, Dikdasmen, MPKU, perwakilan guru dan karyawan. Materi yang disampaikan dalam kegiatan pengabdian ini adalah tiga pilar SPAB dan dilanjutkan dengan praktik/latihan kajian risiko bencana, pembuatan prosedur penanggulangan bencana, jalur evakuasi dan pembentukan tim siaga bencana sekolah. Kegiatan penguatan kapasitas sekolah Muhammadiyah/Aisyiyah ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta terkait SPAB. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan terjadi kenaikan yang signifikan terhadap pengetahuan peserta dari rerata 71 pada pre-test menjadi rerata 83 pada post-test. Dampak dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya kesadaran dan pengetahuan sekolah tentang SPAB.

Keywords


Bencana; Sekolah Muhammadiyah/Aisyiah; SPAB; Kapanewon Sleman

Full Text:

PDF

References


Marfai, M.A., King, L., Singh, L.P., Mardiatno, D., Sartohadi, J., Hadmoko, D.S., Anggraini, D., 2008, Natural Hazards in Central Java Province, Indonesia: an overview. Environ Geol 56:335-351.

UN International Strategy for Disaster Reduction, 2009, Living with Risk: A GlobalView of Disaster Reduction Initiatives, Geneva: UNISDR

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2007, Peluncuran Buku Rencana Aksi Nasional Pengurangan Resiko Bencana Tahun 2006-2009. Jakarta: Bappenas.

Karnawati D Pramumijoyo S, Husein S, Andayani B, & Burton PW, 2010, Development of community based earthquake hazard mapping – A pilot study in Bantul, Yogyakarta Province, Indonesia.

In IRP-ADRC, RecoveryStatus Report No. 01 The Yogyakarta and Central Java Eathquake 2006, 2009 pp.67-80

www.slemankab.go.id. Data Sebaran Penduduk KRB III dan II Gunung Merapi, diakses pada tanggal 14 Februari 2021.

Lembaran Negara Republik Indonesia, UU Nomor 24 tahun 2007 tentangPenanggulangan Bencana.

Kompas.com, Melihat Letusan Merapi 10 Tahun Lalu, https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/26/150300365/melihat- letusan-besar- gunung-merapi-10-tahun-lalu?amp=1&page=2, diaksespada tanggal 14 Februari 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Oktomi Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License