Pelatihan Pembuatan Assesment Kompetensi Minimal (AKM) Berbasis Literasi Sains di SD Muhammadiyah Warungboto Yogyakarta

Panji Hidayat, Hendro Widodo, Febritesna Nuraini

Abstract


Pelatihan penyusunan soal Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) berbasis literasi sains ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru di SD Muhammadiyah Warungboto yakni: (1) kurangnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang evaluasi pembelajaran di SD; dan (2) kurangnya kemampuan guru dalam penyusunan soal AKM berbasis Literasi Sains. Soal-soal AKM pembelajaran yang diberikan dalam menilai hasil belajar siswa selama ini masih belum sesuai Literasi Sains. Tujuan dari pelatihan AKM adalah untuk membantu peserta pelatihan atau pendidik dalam memahami dan mengimplementasikan proses asesmen yang sesuai untuk menilai pemahaman dan pencapaian minimal yang diharapkan oleh siswa dalam suatu kurikulum atau program pembelajaran. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan dengan metode pembelajaran langsung di tahun ajaran 2023/2024 sampai tahap implementasi ke peserta didik. Hasil dalam pelaksanaan pengabdian sangat signifikan dan pendidik mampu membuat dan mengimplementasikan AKM berbasis literasi sains kepada peserta didik sesuai dengan kelas yang diampu oleh guru kelas. Dampak dari pelatihan AKM berbasis Literasi Sains adalah pendidik harus banyak mengeksplore informasi untuk menambah banyak varian soal AKM berbasis literasi sains yang memposisikan diri sebagai bagian dari warga dunia. Selain itu output dari pelatihan ini dapat digunakan sebagai bahan telaah oleh mahasiswa PGSD pada mata kuliah IPA Lanjut.


Keywords


AKM, Literasi Sains, Instrumen, SD

Full Text:

PDF

References


Aqil, D. I. (2017). Literasi Sains Sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi Di Sekolah. Wacana Didaktika, 5(02), 160. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.59

Ashri, N., & Hasanah, L. (2015). Pengembangan bahan ajar IPA terpadu pada tema energi dan lingkungan. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 2(1), 469–472. https://ifory.id/proceedings/2015/z4pZjcJkq/snips_2015_nurul_ashri_a6ce83ba59dc5806524ae61c520884e1.pdf

Ayuningtyas, N., & Rahaju, E. B. (2013). Proses Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Materi Aljabar Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. Mathedunesa, 2(2), 1–9.

Hewi, L., Shaleh, M., & IAIN Kendari, P. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Pratiwi, P. H. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skills). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123

Safi’i, I., & Amar, F. (2019). Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berstandar HOTS bagi Guru-Guru SD di Wilayah Banyudono. Abdimas Dewantara, 2(2), 149. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.4176

Syofyan, H., & Trisia Lusiana Amir. (2019). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Calon Guru Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35–43. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13203

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. OSFPREPRINTS, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Panji Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License