Pendampingan UMKM bisnis corners menuju ikrar halal

Nina Salamah, Any Guntarti, Sunarti Sunarti

Abstract


Implementasi UU no 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal akan mengharuskan semua produk yang beredar di Indonesia bersertifikat halal. Produk yang bersertifikat halal masih rendah di Indonesia. Produk hasil produksi UMKM yang tergabung dalam Biznis Corner hampir semua belum memiliki sertifikat halal. Oleh karena itu tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah mendampingi UMKM agar produknya bisa mendapatkan ikrar halal Muhammadiyah. Untuk menyiapkan produk menuju ikrar halal,  perlu pelatihan dan workshop, sebagai metodenya. Program diawali dengan pelatihan ikrar halal yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2021. Selanjutnya diteruskan dengan workshop pelatihan pengenalan bahan halal, pendampingan dan peninjauan lokasi secara on line, dan pencermatan dokumen form ikrar halal .Peserta 3 UMKM dari wilayah kota Yogyakarta.Hasil dari pelatihan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan peserta dari sebelum dilakukannya pelatihan meskipun belum maksimal. Pendampingan dalam penyusunan ikrar halal terhadap 3 UMKM yaitu: (1) UMKM OleOle dengan Gudeg Bakar, Bakpia, Sirup Markisa, Eco Bread, (2) UMKM aradea dengan produk Brownies Panggang, Makaroni Schootel, Kering Kentang, (3) UMKM Matakitc dengan produk Pizza Cookies. Pendampingan secara on line telah dilaksanakan pada tanggal 17 dan 24 Juni 2021. Selanjutnya kelengkapan form ikrar halal, kami pastikan kembali dengan media zoom pada tanggal 26 Juni 2021 dan dihadiri oleh 3 UMKM. Hasil pendampingan ini diperoleh 3 dokumen ikrar halal yang siap diajukan ke ikrar Halal Muhammadiyah.


Keywords


halal, ikrar halal sertifikasi, UMKM

Full Text:

PDF

References


Ali, M. E., Kashif, M., Uddin, K., Hashim, U., Mustafa, S., & Che Man, Y. B. (2012). Species authentication methods in foods and feeds: The present, past, and future of halal forensics. Food Analytical Methods, 4, 1–21.

Anonim. (2014). Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Che Man, Y.B., Syahariza, Z.A., and Rohman A., 2010, Chapter 1. Fourier Transform Infrared (FTIR) Spectroscopy: Development. Tehnique, and Application in the Analysis of Fats and Oils, in Fourier Transform Infrared Spectroscopy edited by Oliver J Ress, Nova Science Publisher, New York.

Fadzillah, N.A., Che Man, Y.B., Jamaludin, M.A., Rahman, S.Ab., dan Al Kahtani, H.A. (2011). Halal Food Issues from Islamic and Modern Science Perspectives. International Conference on Humanities, Historial and Social Sciences IPEDR, 17, 159-163.

Fahham A. M., 2014, Jaminan Kehalalan Produk, Laporan Kajian, Pusat Pengkajian Pengolahan data dan Informasi (P3DI).

Hasan, KN.S. (2014). Kepastian Hukum Sertifikasi dan Labelisasi Halal Produk Pangan. Jurnal Dinamika Hukum, 14 (2), 228-238.

Qur’an Surat Al-Baqoroh, 168 dan 173

Rahman, Md. M., Ali, M.E., Hamid, S.B.A., Mustafa, S., Hashim, U., dan Hanapi, U.K. (2014). Polymerase chain reaction assay targeting cytochrome b gene for the detection of dog meat adulteration in meatball formulation. Meat Science, 97, 404–409.

Tieman, M., van der Vorst, J.G.A.J. dan Che Ghazali, M. (2012). Principles in halal supply chain management, Journal of Islamic Marketing, 3 (3), 217-243.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nina Salamah, any Guntarti, Sunarti Sunarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License