Pemberdayaan guru SMK melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) untuk menumbuhkan karakter siswa

Wahyudi Wahyudi, Andri Setiyawan, Sarwi Asri, Widi Widayat, Nor Ahmadi, Wahyu Hermawan, Fajar Khakiki

Abstract


Sebagai pendidik profesional guru sekolah kejuruan memiliki tugas untuk merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat. Berdasarkan kegiatan pokok dan waktu yang tersedia, guru akan cenderung fokus pada ketuntasan materi di kurikulum dan transfer pengetahuan saja. Dengan demikian sulit mengharapkan guru sebagai pendidik dapat sepenuhnya memiliki perhatian terhadap peserta didik sesuai dengan karakteristik, minat dan bakatnya masing-masing. Tujuan kegiatan pengabdian adalah mengenalkan Gerakan Sekolah Menyenangkan untuk merubah mindset guru dalam mendidik peserta didiknya dan memberikan praktik baik pembelajaran yang dapat menumbuhkan karakter siswa. Metode kegiatan berbentuk workshop dengan mengundang praktisi Gerakan Sekolah Menyenangkan. Sasaran kegiatan adalah pimpinan sekolah dan guru di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Kabupaten Semarang. Hasil kegiatan pengabdian adalah: 1) adanya perubahan mindset guru dalam perannya sebagai pendidik 2) aktifitas pagi berbagi, praktik project based learning, refleksi dan penyusunan rencana tindak lanjut menjadi contoh bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran yang dapat menumbuhkan karakter siswa. Dampak kegiatan ini adalah ekosistem sekolah menjadi kondusif bagi pembelajaran dan terbangunnya kesadaran pimpinan sekolah bahwa ekosistem tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab guru saja.

Keywords


pemberdayaan guru; sekolah kejuruan; gerakan sekolah menyenangkan

Full Text:

PDF

References


Fadhilla, A.R., dan Suyadi. (2021). Evaluasi Gerakan Sekolah Menyenangkan Melalui Metode Social Emotional Learning (SEL) Selama Pandemi di SDN Rejodani Sleman. Jurnal Evaluasi, 5(2), 255-273.

Febriani, A.P. (2011) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Proses Pembelajaran Kelas XI di SMK Negeri 1 Cianjur. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum dan Kewarganegaraan, 11(1), 1-9.

Kaimuddin. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal. Jurnal Al Maiyyah, 11(1), 132-152.

Maharani. (2014). Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Project Based Learning Materi Statiska SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 199-217.

Nudin, B., Prayesti, T., Suratiningsih, dan Novianty. W. D. (2020). Manajemen Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Negeri Buayan Kebumen. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan. 5(1), 95-117.

Ratnaningrum. (2020). Manajemen Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan UST, 1(1).

Rizal, N. (nd). Renaissance in Education? Revolusi Pikir. Bahan Paparan Gerakan Sekolah Menyenangkan.

Rizal, N. (nd). Future Education. Reinventing Your Self. Bahan Paparan Gerakan Sekolah Menyenangkan.

Suwarna dan Jatirahayu. W. (2013). Pembelajaran Karakter yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3), 274-287.

Umam, D., Supraja, M., Porwanto, S.U., dan Soeroso, A. (2019). Praktik Gerakan Sekolah Menyenangkan Dalam Upaya Perbaikan Sistem Pembelajaran di Indonesia (Studi di SD Muhammadiyah Mantaran). Skripsi. Yogyakarta: UGM.

Widyaningrum, RKN., dan Mahmudah, F.N. (2019). Kreasi Iklim Sekolah Melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan Di SD Muhamammadiyah Mantaran. Profesi Pendidikan Dasar. 6(2), 115-128.

Yunarti, Y. (2014). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Jurnal Tarbawiyah, 11(2) 262-278.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyudi Wahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License