Pelatihan Penyusunan Soal Matematika SMP Bertipe Asesmen Kompetensi Minimum

Puguh Wahyu Prasetyo, Fariz Setyawan

Abstract


Dihentikannya ujian nasional pada tahun 2020 menjadi warna yang berbeda bagi perjalanan pendidikan di Indonesia. Pada tahun 2021 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merancang asesmen nasional pengganti ujian nasional berupa asesmen kompetensi minimum dan survei karakter. Kemdikbud telah melakukan sosialisasi, akan tetapi masih diperlukan upaya pelatihan bagi guru untuk dapat memahami bagaimana penyusunan soal asesmen kompetensi minimum untuk mendukung program pelaksanaan asesmen nasional. Pelatihan dilaksanakan secara daring meliputi kegiatan sinkron dengan zoom atau google meet dan asinkron melalui google form dan Whatsapp group. Adapun pelaksanan telah dilaksanakan dalam 4 tahap dengan rincian aktivitas sinkron untuk pemaparan materi dilaksanakan tanggal 9 Juni 2021 dan workshop penyusunan soal tanggal 10 Juni 2021, serta aktivitas asinkron dengan penugasan penyusunan melalui google form tanggal 15 dan 16 Juni 2021. Untuk tahap akhir dilakukan proses review serta pemberian feedback yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2021.


Keywords


ujian nasional, asesmen nasional, literasi numerasi, asesmen kompetensi minimum.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, S. (2016). Budaya literasi dalam komunikasi. Wacana.

Damayantie, A. R. (2015). Literasi Dari Era Ke Era. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Kemdikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kharizmi, M. (2019). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim,.

Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111

Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model Pirls pada Siswa Kelas IV SD. (2017). Journal of Research and Educational Research Evaluation. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16199

Perspectives, D. I. (2019). Generasi Milenial dalam Bagi Sumber Daya Manusia Indonesia atau Ancaman. Generasi Milenial Dalam Industri 4.0: Berkah Bagi Sumber Daya Manusia Indonesia Atau Ancaman.

Prasetyo, P. W., & Sunaryo, S. (2019). Pelatihan Olimpiade Matematika Tingkat Sekolah Dasar bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. Abdimas Dewantara. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.3116

Resti, Y., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi Sebrang Ulu Ii Palembang. Jurnal Pendidikan.

Rezky, M. P., Sutarto, J., Prihatin, T., Yulianto, A., Haidar, I., & Surel, A. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Puguh Wahyu Prasetyo, Fariz Setyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License