Pelatihan Dai Antikorupsi di Era Transisi Pilihan Lurah: Program Pembedayaan Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19 Kalurahan Banguncipto, Kapanewon Sentolo Kulon Progo

Suyadi Suyadi, Anom Wahyu Asmorojati, Mohamamd Jailani, Ismunandar Ismunandar

Abstract


Kalurahan Banguncipto, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo Yogyakarta, merupakan desa binaan Universitas Ahmad Dahlan yang menjadi tempat program pemberdayaan masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, sebagai desa dakwah berintegritas dan beragama. Sejak tahun 2020 kalurahan Banguncipto mendapat binaan dan dukungan dari tim pemberdayaan pengabdian masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Dalam rangka membina masayarakat banguncipto menjadi kaluruhan berkarakter Islami. Analisis situasi terkini bersama PJ. Lurah Banguncipto dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Banguncipto menunjukkan bahwa selama ini program-program PPM hanya menyentuh kelompok organisasi Keislaman. Sedangkan kelompok para dai beserta Ketua Ta’mir masjid belum tersentuH. Program Pengabdian Masyarakat ini menggandeng 2 (dua) mitra, yakni Ketua Ta’mir masjid Se-kalurahan Banguncipto dan PRM Banguncipto. Masalah prioritas adalah minimnya peran serta Da,i/mubaligh dalam mewujudkan Banguncipto sebagai Kalurahan Antikorupsi. Metode pelaksanaan adalah Sosialisasi, Pelatihan dan Workshop secara blanded learning, karena masih dalam masa pandemic Covid-19. Skim PPM ini adalah multi tahun (2021-2023) dengan kegiatan pada masing-masing kelompok mitra 4 kali @ 400 menit, yakni setiap tanggal 3,10,17, dan 24 April serta 4, 11, 18 dan 25 Agustus selama tahun 2021-2023. Kegiatan ini dimulai pada bulan April 2021 bertempat di Kantor Kalurahan Banguncipto. Kegiatan ini mencakup pelatihan Da’i Antikorupsi. Output pengabdian ini adalah peningkatan kompetensi da’I antikorupsi, baik dari sisi sikap, pengetahuan dan ketrampilan.


Keywords


Dai, antikorupsi, kelompok Ta’mir Masjid Banguncipto, pimpinan ranting Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Aini, Nur. 2020. “Wakil Menkes Guatemala Diduga Korupsi Dana Covid-19.” Republika.co.id: 3.

Akhmad, Chairul Ashari, and Suyadi Suyadi. 2021. “Literasi Kesehatan Dalam Pendidikan Islam: Studi Kasus Dampak Covid-19 Bagi Mahasiswa UAD.” Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 14(1): 28–42.

Anom Wahyu Asmorojati, Ilham Yuli Isdiyanto. 2020. “Pelatihan Dan Pendampingan Pembentukan Lembaga Mediasi Desa Pada Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.” In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, 194–98. file:///C:/Users/nice pc/Downloads/5137-12187-1-PB (1).pdf.

Anwar, Syamsyul. 2020. Majelis tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhamamdiyah Tuntunan Ibadah Dalam Kondisi Darurat Covid-19. Yogyakarta. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???

Asmorojati, Anom Wahyu. 2017. “Urgensi Pendidikan Anti Korupsi Dan KPK Dalam Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Di Indonesia.” In The 6th University Research Colloquium 2017, Jawa Tengah: Universitas Muhammadiyah Magelang, 491–98.

Avanti Vera Risti, Anom Wahyu Asmorojati. 2017. “Pengembangan Program Sodaqoh Sampah Sebagai Pemberdayaan Lembaga Paud Dan Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Humaniora LPPM UNY 22(1).

———. 2018. “Nationalism Understanding :Citizens National Consciousness.” In Bandung: Atlantis Press.

Bunga, Marten, Aan Aswari, Hardianto Djanggih. 2018. “Konsepsi Penyelamatan Dana Desa Dari Perbuatan Korupsi, Village Refrigeration Conception of Corruption Requirements.” Holrev 2(2): 448–59.

Dandirwalu, Resa. 2018. “Pembinaan Antikorupsi Dalam Keluarga Kristen Dan Muslim Di Kota Ambon.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 3(1): 91–101.

Desfa Yusmaliana, Suyadi, Hendro Widodo, Asyraf Suryadin. 2020. “Creative Imagination Base on Neuroscience: A Development and Validation of Teacher ’ s Module in Covid-19 Affected Schools.” Universal Journal of Educational Research 8(11B): 5849–58. file:///C:/Users/nice pc/Downloads/Neurosains PI (2).pdf.

Edi, Purnomo. 2019. “Korupsi Dana Desa Rp1,1 Miliar, Kades Di Kulonprogo Ditahan.” Merdeka.com: 5.

Febriana, Suyadi; Z Nuryana; N A. 2020. “The Fiqh of Disaster: The Mitigation of Covid-19 in the Perspective of Islamic Education-Neuroscience.” International Journal of Disaster Risk Reduction IJDRR_2020: Article Inpress.

Hakim, Rakhmat Nur. 2020. “Korupsi Bansos Covid-19: Mensos Juliari Diduga Terima Rp 17 Miliar Hingga Bukti Uang Dalam Koper.” Kompas.com: 2.

Hasan, Khairuddin. 2019. “Peran Pendidikan Islam Terhadap Pencegahan Korupsi.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 11(2): 81–97.

Hermawan, Bayu. 2020. “Anggota Jamaah Tablig Asal Kulon Progo Positif Covid 19.” Republika.co.id: 3.

Iswara, Aditya Jaya. 2020. “Ratusan Pesertanya Terjangkit Corona, Tablighi Jamaat Disorot Tajam.” Kompas.com: 2.

Jailani, Mohammad, Suyadi, and Dedi Djabedi. 2021. “Menelusuri Jejak Otak Dan ’Aql Dalam Al-Qur’an Perspektif Neurosains Dan Pendidikan Islam Di Era Pandemi COVID-19.” Tadris: Jurnal Pendidikan Islam 16(1): 1–19.

M. Amin Abdullah. 2020. “Mendialogkan Nalar Agama Dan Sains Modern Di Tengah Pandemi Covid-19.” Maarif 15(1): 11–39.

Muhammadiyah, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat. 2006. Fikih Anti Korupsi Perspektif Ulama Muhammadiyah. Jakarta: Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Omar, Tariq, Mirza Hassan, and Naomi Hossain. 2021. “The Moral and Political Economy of the Pandemic in Bangladesh: Weak States and Strong Societies during Covid-19.” World Development 137(May 2020): 105216.

Rahmat muhajir Nugroho, Anom Wahyu Asmorojati. 2019. “Simultaneous Election In Indonesia : Is It Really More Effective and Efficient?” Media Hukum 26(2): 213–22.

Romziatussa’adah. 2014. “Pemberantasan Korupsi Perspektif Hukum Pidana Islam.” Nurani 14(1): 119–56.

Saputro, Suyadi; Sumaryati; Dwi Hastuti and Anip Dwi. 2020. “Early Childhood Eeducation Teachers’ Perception of the Integration of Anti-Corruption Education into Islamic Religious Education in Bawean Island Indonesia.” Elementary Education Online 19(3): 1703–14.

Sukmayadi, Suyadi; Sumaryati; Waharjani; 2020. “Reading Corner Anti-Corruption Literacy in Kindergarten ’Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) Perak Mosque Complex, Anti-Corruption Village, Prenggan Village, Kotagede Yogyakarta.” Jurnal Tarbiyatuna 11(2): 114–27. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/tarbiyatuna/index.

Sukmayadi, Suyadi; Waharjani; Sumaryati; 2020. “Pelatihan Da’i Antikorupsi Bagi Mubaligh-Mubalighah Terdampak Physical Distancing Akibat Pandemi.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 5(4): 1051–64.

Sumaryati, Suyadi, Dwi Hastuti. 2019. Pendidikan Antikorupsi Dalam Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat. Yogyakarta: UAD Press.

Suyadi, Dwi Hastuti, Sumaryati. 2019. “Anticorruption Education Insertion in Islamic Religious Learning In The Umar Mas’ud Kindergarten of Bawean Island Indonesia.” International Journal for Innovation Education and Research 7(10): 771–83.

Suyadi, Sumaryati, Dwi Hastuti, Desfa Yusmaliana, Rafika Dwi Rahma MZ. 2019. “Constitutional Piety: The Integration of Anti-Corruption Education into Islamic Religious Learning Based on Neuroscience.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6(1): 38–46. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpai/article/view/8307/7649.

Suyadi, Waharjani, Sumaryati, Diyan Faturrahman, Awhinarto. 2020. “Pelatihan Da’i Antikorupsi Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Paguyuban Mubaligh Dan Pimpinan Ranting Muhamamdiyah/Aisyiyah (PRM/ PRA) Desa Antikorupsi Kelurahan Prenggan Kotagede Yogyakarta.” In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, 194–98.

Suyadi, Zalik Nuryana, Niki Alma Febriana Fauz. 2020. “The Fiqh of Disaster: The Mitigation of Covid-19 in the Perspective of Islamic Education-Neuroscience.” International Journal of Disaster Risk Reduction: 101848.

Suyadi. 2018a. “Integration of Anti-Corruption Education (PAK) In Islamic Religious Education (PAI) With Neuroscience Approach (Multi-Case Study in Brain Friendly PAUD: I Sleman Kindergarten Yogyakarta).” Inferensi, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 12(2): 307–30.

———. 2018b. “Integration Of Anti-Corruption Education Wth Neuroscience Approach (Multi-Ccase Study In Brain Friendly PUD: I Sleman Kindergarten Yogyakarta).” Inferensi, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 12(2).

———. 2018c. “Kisah (Storytelling) Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 18(1): 52–74.

———. 2020. Profil Da’i Anti Korupsi: Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi Pada Kelompok Sasaran Paguyuban Mubaligh Desa Antikorupsi Kelurahan Prenggan Kotagede Yogyakarta. Yogyakarta: UAD Press.

Suyadi, Muhammad Miftakhurrohman; 2020. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa COVID-19.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 12(2): 127–37. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/375/271.

Suyadi, Resti Sekar Hanisa; 2020. “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku-Perilaku Religius Di Tengah Situasi Social Distancing Akibat Pandemi Covid-19.” Al Ulya Jurnal Pendidikan Islam 5(2): 226–38. http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/index.

Tom, Edet J, and Patrick O Bamgboye. 2017. “The Role of Religion in Combating Corruption: The Nigerian.” International Journal of Social Sciences 11(2): 128–42.

Warf, Barney. 2016. “Global Geographies of Corruption.” GeoJournal 4(June): 1–14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suyadi Suyadi, Anom Wahyu Asmorojati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License