Pengaruh Pelatihan dan Pendampingan Dasar Pemrograman Bahasa C# dan IoT untuk Anak – Anak di Padukuhan Ngireng – Ireng Bantul

Fanani Arief Ghozali, Pramudita Budiastuti, Barry Nur Setyanto, Arief Syamsuddin, Esfan Sofyan, Hanafi Wahyu Ramndani

Abstract


Bulan maret 2020 sampai dengan sekarang ini, Indonesia masih terkena dampak pandemi Covid-19. Pendidikan terpengaruh oleh kebijakan pemerintah yang mewajibkan social distancing dan kebijakan lain. Kebijakan penerapan belajar secara online menyebabkan beberapa masalah dan keterbatasan. Orang tua siswa menganggap bahwa pembelajaran seperti ini mengurangi kreativitas dan ilmu agama yang diterima siswa. Orang tua siswa menghendaki adanya ekstrakurikuler terkait dengan elektronika dan IoT yang sangat berkembang saat ini, namun orang tua siswa dan guru tidak mampu membimbing terkait materi pembelajaran tersebut. Oleh karena itu orang tua siswa berinisiatif meminta ahli pada program studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika UAD dibidang teknologi informasi dan pemrograman dan elektronika untuk memberikan pendampingan dan pelatihan anak- anak serta memberikan tausiyah ilmu agama Islam. Hasil observasi dan pengamatan yang dilakukan selama pengabdian kepada masyarakat mendapatkan hasil yang cukup signifikan. Dari beberapa peserta, jumlah anak yang mengetahui Elektronika, Robotika, Multimedia, dan Pemrograman meningkat sebanyak 92%.


Keywords


pendidikan, online, teknologi informasi, pemrograman, elektronika

Full Text:

PDF

References


Akbar, Jihad. 2020. "Perjalanan Pandemi Covid-19 di Indonesia, Lebih dari 100.000 Kasus dalam 5 Bulan", https:// www.kompas.com/tren/read /2020/07/28/060100865/ perjalanan-pandemi-covid-19-di-indonesia-lebih-dari-100.000-kasus-dalam-5?page=all. Diakses pada Tanggal 10 Februari 2021.

Asmara, Chandra Gian. 2020. "Para Siswa, Ini 5 Instruksi Mendikbud Nadiem Soal Sekolah", https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200326062042-37-147501/para-siswa-ini-5-instruksi-mendikbud-nadiem-soal-sekolah/1. Diakses pada Tanggal 10 Februari 2021.

Liputan6.com. 2020. "Teknologi Informasi dan Komunikasi Jadi Kebutuhan Sehari-hari di Masa Pandemi", https://www.liputan6.com/news/read/4187459/teknologi-informasi-dan-komunikasi-jadi-kebutuhan-sehari-hari-di-masa-pandemi. Diakses pada Tanggal 10 Februari 2021.

Nugraheny, Dian Erika. 2020. "Sekolah Kembali Dibuka, Mendikbud Larang Kegiatan Olahraga, Ekstrakurikuler hingga Kantin Beroperasi", https://nasional.kompas.com/read/2020/11/20/17035791/sekolah-kembali-dibuka-mendikbud-larang-kegiatan-olahraga-ekstrakurikuler?page=all. Diakses pada Tanggal 10 Februari 2021.

Nusyirwan, D., Prayetno, E., Nugraha, S., Nugraha, H. A., Sinaga, L. A., Shafira, A., & Fadillah, M. A. (2020). Pelatihan Tech For Kids Dalam Rangka Memperkenalkan STEM Untuk Mempersiapkan Entrepreneuer Masa Depan. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 6(2), 94-101.

Organisation for Economic Co-operation and Development. 2016. Getting Skills Right - Assessing and Anticipating Changing Skill Needs. Paris: OECD Publishing.

Teimoornia, Mahin. 2011. “The implementation of information and communication technology (ICT) in extracurricular activities of education system in Iran”. Elsevier: Procedia Computer Science, 3, 617-622.

Wijayanto. 2020. "Pembelajaran Daring Banyak Kendala, Guru dan Siswa Banyak Tak Siap", https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2020/10/06/217611/pembelajaran-daring-banyak-kendala-guru-dan-siswa-banyak-tak-siap. Diakses pada Tanggal 10 Februari 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fanani Arief Ghozali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License