Strategi digital marketing pada UKM Batik Nona Lia dalam meningkatkan produktivitas di era pandemi covid-19

Agung Utama, Anita Mustikasari, Nur Kholifah

Abstract


Pada abad terakhir, ekonomi global sedang dihadapkan dengan resesi, yang disebabkan oleh perubahan kebijakan, lonjakan finansial. Saat ini, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19 di Indonesia. Salah satu UKM yang terdampak COVID-19 adalah UKM Batik Nona Lia, Bantul. Kendala yang dihadapi oleh UKM Batik Nona Lia terlebih di era pandemic covid-19 yaitu, dalam segi pemasaran, UKM Nona Lia masih terbilang konvensional dan kurang mampu mengoptimalkan pemasaran digital karena hanya menjual produk di outletnya, mendistribusikan dibeberapa pasar tradisional dan hanya mampu menjangkau pasar lokal. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, beberapa solusi yang diusulkan yaitu dengan strategi digital marketing melalui media social dan e-commerce, dan memberikan pembekalan pelatihan pengambilan foto produk. Hasil kegiatan program pengabdian kepada masyarakat terlihat semangat antusias peserta dalam menerima materi, pemahaman materi 70% mengenai strategi marketing dengan menggunakan e-commerce. Saat ini batik nona lia juga telah mengalami peningkatan omset dari hasil penjualan menggunakan e-commerce dan social media.


Keywords


digital marketing, e-commerce, sosial media, UKM

Full Text:

PDF

References


Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). Dutacom, 9(1), 43-43.

Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159-170.

Kusuma, R. D., Sutjipto, S. S. U., & Maretha, H. A. (2020). Pelatihan Optimasi Media Sosial Untuk Peningkatan Omzet UMKM. Jurnal Abdimas, 4(3), 251-260.

Papadopoulos, T., Baltas, K. N., & Balta, M. E. (2020). The use of digital technologies by small and medium enterprises during COVID-19: Implications for theory and practice. International Journal of Information Management, 102192.

Sutedi, S., Pembangunan Cyber Marketuntuk Menunjang Pemasaran dan Promosi Produk Home Industry dikawasan Sentra Keripikbandar Lampung. Prosiding Sembistek 2014, 2015. 1(02): p. 366-377.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anita Mustikasari, Agung Utama, Nur Kholifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License