Penyusunan dan Pendampingan Kurikulum Madrasah Integritas pada Guru TPA Se-Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta

Suyitno Suyitno, Lisa Retnasari

Abstract


Permasalahan korupsi yang kian merajalela, sebagian besar disebabkan lemahnya integritas seseorang. Integritas merupakan sikap yang harus ditumbuhkembangkan sejak usia dini. Oleh karena itu penyusunan dan pendampingan dalam membuat kurikulum integritas perlu diciptakan di TPA. Sebagai upaya penyiapan generasi penerus bangsa yang jujur, disiplin dan bertanggung jawab. Berdasarkan masalah tesebut maka tujuan dari penyusunan dan pendampingan kurikulum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran TPA yang syarat akan nilai integritas. Metode pelaksanaan kegiatan dirancang dalam beberapa langkah, yaitu persiapan, pelaksanaan, pendampingan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi perizinan dan koordinasi dengan mitra di bawah Pimpinan Ranting Muhammadiyah Perumnas Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Tahap pelaksanaan meliputi sosialisasi dan penyuluhan tentang madrasah integritas. Tahap pendampingan meliputi pendampingan penyusunan kurikulum TPA dan pendampingan KBM di masing-masing TPA. Tahap keempat yaitu evaluasi dan penyusunan laporan kegiatan. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan adalah pendekatan partisipatif, pelibatan secara aktif oleh pengajar, santri dan wali santri TPA. Hasil dari PPM yakni pemahaman tentang kurikulum integritas pada guru TPA se-Condongcatur meningkat. Dampaknya seluruh guru dapat menyusun kurikulum integritas yang akan diaplikasikan di TPA masing-masing.

Keywords


Kata kunci: Kurikulum, Integritas, TPA

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan Vol. 31 No 2 Oktober 2017. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/4509/3419.

Anshori, Isa. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Islamic Education Journal. 1 (2), hlm. 9. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/1243/807.

Frimayanti, Ade Imelda. 2017. “Pendidikan Antikorupsi dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol.8, No. 1.

Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. https://nasional.kompas.com/read/2021/03/22/19301891/data-icw-2020-kerugian-negara-rp-567-triliun-uang-pengganti-dari-koruptor-rp

Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KPK. (2016). Modul Integritas untuk Umum. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Kediputian Bidang Pencegahan Komisi Pemberantas Korupsi.

Mariyana, Rita. (2019). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan: Pedagogia.

Shochib, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Essensi Erlangga Group.

S. Suyitno dan T. Sukmayadi. (2020). Rumah Kebangsaan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. Makalah Seminar nasional Hasil Pengabdia kepada masyarakat di UAD, 21 November. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/ viewFile/5155/1150

S. Suyitno dan T. Sukmayadi. (2019). Madrasah Antikorupsi TPA di Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. Makalah Seminar nasional Hasil Pengabdia kepada masyarakat di UAD, 14 September. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/viewFile/2268/629


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suyitno Suyitno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License