Bahan ajar berbasis microsoft sway guna meningkatkan technological pedagogical content knowledge (TPACK) guru sekolah dasar
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru sekolah dasar. Di masa pandemic covid-19 pembelajaran masih dilakukan secara daring. TPACK sebagai satu pengetahuan baru yang harus dikuasai oleh guru agar mampu mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran. Salah satunya melalui pelatihan microsoft sway sebagai media pembelajaran online yang dapat diputar melalui sway.com. Berdasarkan hasil observasi di SD Muhammadiyah Se-Moyudan terdapat berbagai masalah mengenai proses pembelajaran dalam jaringan (daring) seperti 1) Proses pembelajaran hanya menggunakan whatsapp group, 2) pengetahuan guru tentang platform pembelajaran daring masih terbatas, 3) kemampuan guru dalam mengoperasikan teknologi masih minim. Berdasarkan masalah tersebut, maka tujuan dari pelatihan ini adalah melatih guru di SD Muhammadiyah Se-Kecamatan Moyudan dalam memanfaatkan microsoft office 365 dengan fitur sway. Metode pelaksanaan pelatihan yaitu 1) ceramah dan diskusi, 2) praktik, dan 3) refleksi dan tindak lanjut. Perangkat yang penting dalam pelatihan ini yaitu laptop dan koneksi internet. Adapun solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu, menambahkan beberapa koneksi internet supaya jaringan lebih lancar. Pelaksanaan dilakukan selama 2 hari yaitu tanggal 29 Mei 2021 dan 5 Juni 2021. Hasil dari PPM berjalan dengan baik, dibuktikan dengan guru mampu membuat bahan ajar dengan menggunakan sway.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifuddin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT. Tarbawi, 6(2), 141–156. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v6i1.2970.
Alawiyah, F. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi, 4(1), 65–74. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/artic le/view/480.
Astini, Sari, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.
Davies, P. D. O. (2020). Multi-drug resistant tuberculosis. CPD Infection, 3(1), 9–12.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Rahmadi, Imam Fitri. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 6 No 1 maret 2019.
Sabon, Sili Simom. 2017. Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru Yang Sudah Dan Belum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 2, Nomor 1, Juni 2017.
Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 1(1), 417–422. http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1355.
Suyono dan Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosdakarya.
Usodo, Budi dkk. (2016). Pelatihan Penerapan Beberapa Aplikasi Dari Microsoft: Office Mix, Onenote, Sway Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru Matematika Sma Di Kabupaten Sragen. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematikahttp://jurnal.fkip.uns.ac.id.
Refbacks
Copyright (c) 2021 Lisa Retnasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License