Peningkatan kualitas pembelajaran di KBM Baciro Yogyakarta

Yudi Ari Adi, Sugiyarto Sugiyarto, Zani Anjani Rafsanjani Hsm

Abstract


Kelompok Belajar Masyarakat (KBM) Taman Widya di Baciro merupakan proyek percontohan KBM di Kota Yogyakarta. Adanya pandemi COVID-19 telah membawa dampak di berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali di dunia pendidikan, termasuk kegiaatan di KBM Taman Widya. Di masa pandemi ini tidak sedikit dari orang tua yang mengeluh karena mereka mau tak mau juga harus belajar materi pelajaran yang sedang dipelajari anak-anaknya. Kondisi seperti di atas dialami pula oleh sebagian masyarakat di RW 7 Baciro, Kota Yogyakarta. Oleh karena itu diperlukan kegiatan pendampingan belajar bagi siswa-siswa di wilayah tersebut yang tergabung dalam KBM Taman Widya untuk ikut meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya matematika sebagai salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat. Program pengabdian ini bermaksud: 1) Membantu meringankan beban masyarakat dalam menghadapi efek Pandemi COVID-19, khususnya dalam permasalahan pembelajaran siswa, 2) Meningkatkan peran serta masyarakat/pendamping dalam proses pendidikan anak sekolah melalui KBM, 3) Meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran, khususnya pelajaran matematika bagi siswa-siswa di KBM Taman Widya. Sejauh ini kegiatan yang telah dilakukan berhasil meningkatkan antusias belajar baik siswa maupun orangtua, termasuk para pendamping di KBM Taman Widya.


Keywords


KBM Taman Widya, pembelajaran, masa pandemi

Full Text:

Untitled PDF

References


Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 36962 tertanggal 17 Maret 2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19). Jakarta.

Kusumaningrum, B. Wijayanto, Z (2020), Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi COVID-19), Kreano, Vol 11, no 2.

https://guruberbagi.kemdikbud.go.id

Zulfitria, Ansharullah, Cindy Aprilia Pratami, 2020, Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19, Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Handayani, T. K. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak COVID-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1) , 107-115.

Rosyidi, A. H, dkk (2020), Mendaur Ulang Soal Lama Menjadi Soal Baru: Pelatihan untuk Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bidang Studi Matematika, E-Dimas¸Vol 11, no. 4.

Hidayati, D., Rafsanjani, Z. A, Pelatihan pembuatan bahan ajar matematika berbasis digital untuk guru SMA Muhammadiyah di Mredo, Bantul, Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020, pp.287-294


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yudi Adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License