Pemberdayaan pokdarwis mina guyangan 05 dalam pembuatan pakan dan probiotik ikan

Nurul Suwartiningsih, Ambar Pratiwi, Oktira Roka Aji

Abstract


Kesadaran untuk menjaga kebersihan sungai dan pengelolaan sampah telah dimiliki oleh warga kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Hal ini membuat air yang mengalir di sungai pada wilayah tersebut cukup bersih. Melalui Pokdarwis Mina Guyangan 05 Gamping, warga di sekitar sungai tersebut memanfaatkan sungai untuk memelihara ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus). Namun, permasalahan yang dihadapi saat ini adalah penyediaan pakan yang harganya cukup mahal. Kegiatan ini bertujuan memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada anggota Pokdarwis Mina Guyangan 05 Gamping dalam pembuatan pakan serta probiotik ikan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan dan pelatihan pembuatan pakan ikan untuk dapat menghemat pengeluaran biaya pembelian pakan dan pelatihan pemberian probiotik ikan untuk menunjang pertumbuhan ikan. Setelah penyuluhan dan pelatihan, kemampuan peserta dalam pembuatan pakan meningkat dari 18% menjadi 98% dan pemberian probiotik ikan meningkat dari 28% menjadi 98%. Dengan demikian, kegiatan yang telah dilakukan terbukti dapat memberikan dampak positif berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan pakan dan pemberian probiotik ikan.

Keywords


Gamping, Pokdarwis Mina Guyangan 05, Pakan ikan, Probiotik ikan.

Full Text:

PDF

References


A'isah, N., Mardiana, T. Y. (2016). Pengaruh Pemberian Berbagai Jenis Probitik terhadap Pertumbuhan Ikan Nila Merah (Oreochromis sp.). PENA Akuatika, 13(1): 14-22.

Amarwati, H., Subandiyono, Pinandoyo. (2015). Pemanfaatan Tepung Daun Singkong (Manihot utilisima) yang Difermentasi dalam Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus). Journal of Aquaculture Management and Technology, 4(2): 51-59.

Antika, R., Hudaidah, S., Santoso, L. (2014). Penggunaan Tepung Onggok Singkong yang Difermentasi dengan Rhizopus sp. Sebagai Bahan Baku Pakan Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus). e-Jurnal Rekayasa dan Teknologi Budidaya Perairan, 2(2): 279-284.

Bupati Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Peraturan Bupati Sleman Nomor 33.2 Tahun 2018. Kebijakan dan Strategi Kabupaten Sleman dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Harmilia, E. D., Helmizuryani, Ahlan, A. (2019). Pengaruh Dosis Probiotik pada Pakan Komersil Terhadap Pertubuhan Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus). FISERIES, 8(1): 9-13.

Rahayu, W. (2011). Analisis Pendapatan Usaha Pembesaran Ikan Nila Merah (Oreochromis sp.) pada Kolam Air Deras di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 7(1): 1-13.

Restiningtyas, R., Subandiyono, Pinandoyo. (2015). Pemanfaatan Tepung Daun Lamtoro (Laucaena gluca) yang Telah Difermentasikan dalam Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Benih Ikann Nila Merah (Oreochromis niloticus). Journal of Aquaculture Management and Technology, 4(2): 26-34.

Sumule, F. J., Tobigo, D. T., Rusaini. (2017). Aplikasi Probitik pada Media Pemeliharaan terhadap Pertumbuhan dan Sintasan Ikan Nila Merah (Oreochromis sp.). J. Agrisains, 18(1): 1-12.

Tribina, A. (2012). Pemanfaatan Silase Kering Ampas Tahu untuk Pakan Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus). Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, 3(1): 27-33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurul Suwartiningsih, Ambar Pratiwi, Oktira Roka Aji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License