Pelatihan pengembangan bahan ajar matematika dan video pembelajaran kinemaster untuk meningkatkan TPCK guru sekolah dasar

Lovandri Dwanda Putra, Mukti Sintawati

Abstract


Kemampuan menguasai teknologi berbasis internet bagi guru di masa belajar di rumah saat ini menjadi suatu keharusan. Kemampuan ini disebut sebagai Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK). TPCK merupakan kemampuan guru menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara Kepala Sekolah dan Guru SD Muhammadiyah Gamplong, ditemui berbagai permasalahan selama pembelajaran dalam jaringan (Daring) yaitu minimnya pengetahuan guru tentang pengembangan bahan ajar matematika berbasis digital dan media video pembelajaran. Alternatif solusi bagi permasalahan pada mitra yaitu melalui pelatihan pengembangan bahan ajar yang disajikan pada video pembelajaran Kinemaster. Kegiatan pertama dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 10-11 April 2021. Hari pertama kegiatan dilaksanakan secara tatap muka di SD Muhammadiyah Gamplong. Hari kedua dilaksanakan secara daring melalui google meet pada tanggal 29 Juli 2021. Peserta kegiatan ini sebanyak 25 guru yang berasal dari guru SD di Kapanewon Moyudan. Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 3 orang. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pengetahuan guru dari perbandingan hasil pretes dan postes serta hasil produk video pembelajaran yang dikembangkan guru.


Keywords


bahan ajar, video pembelajaran, kinemaster, TPCK

Full Text:

PDF

References


Febrian, & Astut, Puji. (2020). Pemahaman Objek Abstrak Matematika Guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bintan. Jurnal Anugerah Vol.2 No.1 hal 13-18.

Guerra, C., Moreira, A., & Vieira, R.(2017). Technological pedagogical content knowledge development: integrating technology with a research teaching perspective. Digital Education, 32: 85-96.

Hasanah, S.U., Anum, A. & Novalia. (2020). Peningkatan kemampuan membuat video pembelajaran dengan aplikasi kinemaster di TK trisula Bandar Lampug melalui pelatihan. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada MasyarakatUniversitas Sang Bumi Ruwa Jurai Tahun 2020.

Mahmudi, Ali. (2016). Memberdayakan Pembelajaran Matematika Untuk Mengembangkan Kompetensi Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2016. MU 1-MU 6. ISBN 978-602-73403-1-2.

Neraca Pendidikan Daerah. (2018). Hasil Uji Kompetensi Guru. Jakarta: Kemdikbud.

Oyanagi, W. and Satake, Y. (2016). Capacity Building in Technological Pedagogical Content Knowledge for Preservice Teacher. International Journal for Educational Media and Technology, 10 (1): 33 – 44.

Permendiknas. No. 16 Tahun (2007) tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi Guru. 2007. BSNP.

Permendikbud No 22 Tahun (2016) tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. 2016. BSNP

Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S.. (2017). “Analisis kemampuan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) calon guru pada mata kuliah PP Bio”. SNPS. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11392

Wahyudi. (2013). Pembelajaran matematika sekolah dasar. Surakarta: UNS Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lovandri Dwanda Putra, mukti sintawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License