PELATIHAN DASAR PENGELOLAAN DAN PELAPORAN KEUANGAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MEWUJUDKAN GOOD SCHOOL GOVERNANCE

Irdha Annisa, Indah Shofiyah

Abstract


Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menunjang terwujudnya tata kelola sekolah yang baik (Good School Governance) melalui pelatihan dasar pengelolaan dan pelaporan keuangan yang baik. Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengatasi permasalahan utama khususnya pada pengelolaan keuangan di seluruh TK ABA di Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Perwujudan dari kegiatan ini dilakukan dengan metode pelatihan kepada pengelola keauangan seluruh TK ABA. Output yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini, seluruh pengelola keuangan di TK ABA dapat melakukan pengelolaan dan pelaporan keuangan, sehingga tercipta tata kelola sekolah yang baik. Permasalahan tersebut adalah masih dilakukannya pengelolaan keuangan tanpa memperhatikan prinsip dasar pengelolaan dan pelaporan keuangan, sehingga menyebabkan beberapa kekeliruan pada saat proses penyusunan laporan keuangan. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab hingga demonstrasi. Setelah proses pelatihan dilaksanakan, narasumber dan pelaksana kegiatan melakukan monitoring dan evaluasi guna melihat serta mendampingi peserta dalam proses memahami pengelolaan keuangan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Terlaksananya kegiatan ini memberikan dampak yang positif bagi peserta pelatihan, yaitu dapat memahami prinsip dasar pengelolaan dan pelaporan keuangan, sehingga dapat mewujudkan Good School Governance.

Keywords


Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan; Good School Governance; Kegiatan Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Hesti Setiorini., Yusmaniarti., dan Marini. (2020). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Sekolah Langit Biru. Jurnal UMB, 3(3), 393.

Reni Hariyani., Eny Retnoningrum., Tio Prasetio. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Pemanfaatan Microsoft Excel Untuk Siswa SMK Muhammadiyah 9 Jakarta. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 19-25.

Rosita Meilani Dewi MM Aam., dan Aminah M. Ak. (2018). Pelatihan Manajemen dan Adiministrasi Keuang Sekolah di TK ‘Aisyiyah Tangerang Selatan. Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 177-179.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Irdha Annisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License