Pelatihan pembuatan penulisan buku ajar digital bagi guru bahasa indonesia SMP di Kabupaten Bantul

Hermanto Herman, Pujiati Suyata

Abstract


Keberadaan mitra menjadi faktor penentu dalam mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat. Melakukan anasisis kebutuhan pelatihan mejadi langkah pertama dalam penyusunan program kegiatan. Mitra dalam kegiatan ini adalah guru bahasa Indonesia yang tergabung dalam MGMP yang diketuai oleh Pak Supriyono. Kebutuhan yang menjadi jawaban setelah adanya observasi adalah: a) kompetensi guru dalam mengembangkan buku ajar belum maksimal, b) kurangnya produktivitas guru bahasa Indonesia tingkat SMP dalam mengembangkan buku ajar, c) belum adanya pelatihan pembuatan buku ajar berbasis digital, dan d) belum maksimalnya guru dalam publikasi buku ajar. Adapun tujuan diselenggarakannya pelatihan dan pendampingan ini adalah 1) terlaksananya pelatihan dan pendampingan pelatihan pembuatan modul digital dan 2) terlaksananya catur darma perguruan tinggi, khususnya pengabdian kepada masyarakat. Mencermati adanya kebutuhan program dan masalah mitra di atas, maka solusi yang ditawarkan adalah: a) sebagai tahap awal diadakan pelatihan tentang bagaimana peluang dan tantangan guru dalam pembelajaran daring, khususnya dalam pengemabsan buku ajar digital. b) Pelaksanaan pelatihan pembuatan buku ajar digital beserta mengenal menu sebagai bentuk awal pengembangan buku ajar digital. c) Pengembangan buku ajar digital sesuai dengan kompetensi yang dituju. d) Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama penelitian secara kelembagaan antara mitra dengan lembaga UAD. Target luaran dalam kegiatan ini adalah: a) Terpublikasikannya artikel ilmiah hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini ke seminar nasional ber-ISSN. b) telah terpublikasikan pada media massa (cetak atau online). c) Video kegiatan. d)Target dan luaran lain dari PKM ini adalah peningkatan kualitas dan kuantitas pembuatan buku ajar digital mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMP.


Full Text:

PDF

References


Astawa, dkk. 2020. “Pelatihan Pembuatan Buku Cerita Digital Sederhana Sebagai Bahan Ajar dalam Kondisi New Normal”. Jurnal Karya Abdi. Volume 4 Nomor 1.

Faisal, dkk. 2020. “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa”. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume 10 Nomor 3.

Muis, Abdul. 2019. Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Laksana.

Raharjo, dkk. 2021. Pelatihan E-learning Dan Pembuatan Buku Ajar Digital Bagi Peningkatan Peran Guru Millenial. Jurnal Abdi Masyarakat UMUS. Vol.1, No.02, Februari 2021, halaman 113-121.

Rahmi, Ulfia. 2018. Desain Pembelajaran Blended Learning: Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Diakses dari http:/doi.org/10.31227/osf.io/j84c3

Smaragdina, dkk. 2020. “Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Jurnal Karinov. Vol. 3 No. 1 (2020).

Suleha, dkk. 2020. Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar Berbasis Digital di SMAN 10 Sidrap. MALLOMO: Journal of Community Service. Vol 1, No 1.

Susanto, dkk. 2021. Pelatihan E-Modul Menggunakan Flip Pdf untuk PembelajaranMasa Pandemi Covid 19. Jurnal Abmas Negeri. Vol. 2, No. 1, Juni 2021, pp 9-16.

Radinal, Willy. 2021. Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik di Era Disrupsi. Jurnal An-Nur. Volume 1, Nomor 1, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 hermanto herman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License