mbangan modul elektronik di mts muhammadiyah merden

soffi widyanesti priwantoro, Denik Wirawati

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini berdampak pada proses pendidikan yang dilakukan oleh guru. Hal tersebut menuntut guru agar dapat beradaptasi dengan pengembangan setiap proses pembejalaran yang didukung oleh teknologi. Untuk mengembangkan proses pembelajaran diperlukan perencanaan pembelajaran yang juga berkaitan dengan teknologi salah satunya adalah pengembangan modul berbasis elektronik. Guru-guru Di Mts Muhammaditah Merden belum mengenal aplikasi untuk mengembangkan modul secara eletronik, selama ini hanya mengembangkan modul secara cetak. Selain itu guru juga belum mempunyai karya dalam bentuk modul elektronik. Hal ini memotivasi tim pengabdi untuk memperkenalkan aplikasi pengembangan modul elektronik dan melakukan pelatihan dan pendampingan dengan menggunakan beberapa aplikasi modul elektronik. solusi untuk permasalahan yang dihadapi oleh pihak sekolah. Solusi yang kami tawarkan adalah (1) mengenalkan aplikasi pengembangan modul berbasis elektronik ;(2) mengenalkan software pdf flip professional dan Quiziiz untuk mengembangkan modul berbasis elektronik. Target dari kegiatan ini adalah guru mengenal aplikasi pembuatan bahan ajar dan evaluasi berbasis teknologi, mengembangkan modul eletronik software pdf flip professional dan atau Quiziiz, memiliki sertifikat pelatihan Program Pengabdian Masyarakat (PPM). Selain itu dapat menambah kompetensi guru dbidang teknologi

Keywords


pdf flipprofessional; modul; elektronik; quiziiz

Full Text:

PDF

References


Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia Permata, 1.

Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Setyowati, R. (2013). Parmin., & Widiyatmoko. Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi sebagai Bahan Ajar Siswa Smk, (11).

Istikomah, I., & Purwoko, R. Y. (2020). SIGIL: PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS REALISTIK PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(2), 91-98.

Hutagalung, R. S. R., Suyatna, A., & Maharta, N. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2).

Priwantoro, S. W., & Fahmi, S. (2019). Pelatihan Peningkatan Kemampuan It Bagi Guru Matematika Menggunakan Geogebra. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 203-209.

Priwantoro, S. W., Arif, B., & Fahmi, S. (2020). Penerapan Pembelajaran dengan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker untuk Mata Kualiah Program Linier. At-Taqaddum, 12(1), 1-12.

Wirawati, D., & Rahman, H. Pengembangan Buku Ajar Komprehensi Tulis Berorientasi Nilai-Nilai Karakter Islam (Analisis Kebutuhan). Kode: Jurnal Bahasa, 9(4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 soffi widyanesti priwantoro, Denik Wirawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License