Menumbuhkan kecintaan batik sejak dini melalui pelatihan batik tulis untuk anak-anak di RW. 07 Semaki Yogyakarta

Bambang Robi'in, Zahrul Mufrodi, Rachma Tia Evitasari

Abstract


Batik Indonesia telah mendapatkan pengakuan dari WHO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan non-bendawi. Batik Indonesia telah dikenal secara mendunia, bahkan presiden RI telah menetapkan tangal 2 oktober sebagai hari batik nasional. Hal ini sudah seharusnya menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Indonesia khususnya Yogyakarta yang memiliki budaya membatik. Balai Agung Cendana sebagai salah satu pegiat batik tulis di Yogyakarta telah memberikan tempat sebagai wadah pengembangan batik tulis baik untuk anak-anak maupun orangtua. Sayangnya, anak-anak sekarang khususnya di RW. 7 kelurahan semaki, lebih tertarik pada budaya modern daripada batik. Untuk menumbuhkan kecintaan batik sejak dini maka perlu adanya kegiatan pengenalan dan cara membatik kepada anak-anak. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan membatik pada anak-anak di lingkungan RW.7 kelurahan Semaki Kemantren Umbulharjo Yogyakarta. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode pelatihan. Tahapan dari kegiatan ini meliputi sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 september 2021 di Balai Agung Cendana. Kegiatan pelatihan batik tulis untuk anak-anak di RW.7 kelurahan semaki kemantren Umbulharjo ini telah berhasil dilakukan dengan diikuti oleh 15 anak-anak. Kegiatan ini telah berhasil meningkatkan pemahaman dan pengetahuan anak-anak tentang batik sebesar 42,66% dari semula 44% menjadi 86,66%.

Keywords


batik tulis; pelatihan batik; anak-anak; pewarna alami

Full Text:

PDF

References


Kelurahan Semaki (2019) “Gambaran Umum Kelurahan Semaki,”. [Online]. Available: https://semakikel.jogjakota.go.id/page/index/gambaran-umum. [Accessed: 05-Mar-2021].

Parmono, K. (2016). Nilai Kearifan Lokal Dalam Batik Tradisional Kawung Kartini Parmono. Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 1(1).

Pujilestari, T. (2015). Review : sumber dan pemanfaatan zat warna alam untuk keperluanindustri. Dinamika Kerainan Dan Batik, 32(2), 93–106.

Eskak, E. (2013). Mendorong Kreativitas Dan Cinta Batik Pada Generasi Muda Kritik Seni Karya Pemenang Lomba Desain Batik BBKB 2012. Dinamika Kerajinan Dan Batik, 30(1), 1-10

Setiawan, R., & Pradhikta, D., (2021). Pengenalan Batik Pada Anak Sebagai Wujud Cinta Budaya Indonesia. Journal Abdi, 7(1), 125-129


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bambang Robi’in, Zahrul Mufrodi, Rachma Tia Evitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License