Pelatihan Self Management dalam Pengelolaan Waktu Efektif di SMK Muhammadiyah Pakem Sleman

Sutipyo Ru'iya, Sutarman Sutarman

Abstract


Dampak Covid-19 yang dirasakan langsung pada dunia pendidikan saat ini adalah pembelajaran online (daring), baik secara sinkron ataupun a-sinkron. Keberhasilan pembelajaran daring membutuhkan manajemen waktu yang baik oleh siswa. Manajemen waktu yang baik, membutuhkan keterampilan yang harus diasah. Pelatihan Self management di SMK Muhammadiyah Pakem bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa pengelolaan waktu efektif, sehingga siswa berhasil dala, pembelajaran. Pelatihan ini melihatkan dua orang tutor yang bantu oleh tiga orang mahasiswa. Metode Pelatihan dilaksanakan dengan metode metode workshop dan metode praktek manajemen waktu. Pelatihan dilakukan pada tanggal tanggal 25 Mei 2021 dan 16 Juni 2021. Tahapan-tahapan pelaksanaan pelatihan meliputi, pengisian pre-tes dan dilajutkan dengan penyampaian materi oleh materi pertama dan kedua, kemudian pada hari berikutnya praktik untuk melakukan manajemen waktu secara efektif. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan manajemen waktu efektif pada siswa SMK peserta pelatihan self manajement.


Keywords


covid-19, self management, waktu efektif

Full Text:

PDF

References


Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. 8, 15.

Gie, T. L. (1996). Strategi Hidup Sukses. Liberty.

Hamka. (1982). Tafsir Al-Azhar Juz 30. Panji Masyarakat.

Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journalindustrial Engineering& Management Research( Jiemar), 1(2), 15–23.

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.33005/baj.v3i1.57

Katsir, I. (2010). Lubābut Tafsīr Min Ibn Katsīr (Tafsir Ibnu Katsir Jilid 6). Pustaka Imam Syafii.

Mujiono. (2009). Modul Pengembangan Diri melalui Layanan Bimbingan dan Konseling SMK. Pramitha Publishing.

Purwanto, S. (2008). Pocket Mentor Manajemen Waktu. Esensi Erlangga Group.

Tentama, F., Kusuma, D. R., Mulasari, S. A., & Sukesi, T. (2019). TOT work readiness skill bagi guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 8.

Tiger, T. H. (1999). Time Management: Test of Proses Model. Jurnal of appliet psychologi, 79(3), 381–391.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. 2(3), 232–243.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sutipyo Ru'iya, Sutarman Sutarman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License