Edukasi pembuatan hand sanitizer alami dan standar who bagi kelompok satgas covid-19 di Serut Gunung Kidul

Apik Rusdiarna Indra Praja, Umi Salamah

Abstract


Covid-19 merupakan salah satu penyakit menular yang menimbulkan dampak ekonomi, kesehatan di dunia. Salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yaitu dengan menggunakan hand sanitizer setiap kali beraktifitas dari luar rumah. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk menambah pengetahuan serta keterampilan satgas covid-19 di Serut Gunung Kidul dengan pembuatan hand sanitizer standar WHO dan mengolah serai menjadi hand sanitizer alami. Metode yang digunakan adalah penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Hasilnya adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta pengabidan serta adanya produk hand sanitizer berbahan alami dan standar WHO yang berpotensi memiliki nilai ekonomis. Dampak adalah kelompok satgas covid mampu membuat hand sanitizer standar WHO dan mengolah daun serai menjadi hand sanitizer alami serta kepedulian masyarakat terhadap lingkungan karena hand sanitzier berbahan alami itu ramah lingkungan.

Keywords


serai, pelatihan, hand sanitizer

Full Text:

PDF

References


Abdurrahmat, A. S. et al. (2021) ‘Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Alami Berbahan Daun Sirih Dan Batang Sereh’, Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(4).

Anggreini, C. K. and Asngad, A. (2018) ‘Hand Sanitizer Dalam Bentuk Gel Dari Daun Serai dengan Penambahan Alkohol dan Triklosan’, in Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek Iii. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, pp. 126–130.

Damayanti, N. A. et al. (2017) ‘Metode Pre-Test Dan Post-Test Sebagai Salah Satu Alat Ukur Keberhasilan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Tentang Tuberkulosis Di Kelurahan Utan Panjang, Jakarta Pusat’, Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Kesehatan, 3(1), pp. 144–150.

Ekaningtias, M. et al. (2021) ‘Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Sekolah Ma Al-Istiqomah, Labuapi, Lombok Barat’, Alamtana :Jurnal Pengabdian Masyaraka, 2(1).

Keputusan Menteri Kesehatan RI (2020) ‘Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MenKes/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)’.

Pakpahan, M. et al. (2021) Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Yayasan Kita Menulis.

World Health Organization (2010) ‘Guide to Local Production: WHO-recommended Handrub Formulations’, World Health Organization. Edited by World Health Organization, p. 9. Available at: https://www.who.int/gpsc/5may/Guide_to_Local_Production.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Apik Rusdiarna Indra Praja, Umi Salamah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License