Pelatihan Konselor Berhenti Merokok Bagi Guru Sekolah Menengah di Kelurahan Caturtunggal, Depok, Sleman

Dian Kinayung, Septian Emma Dwi Jatmika, Agnes Findriany, Dea Nurrizza Allafia

Abstract


Salah satu peran guru dalam Implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di sekolah adalah sebagai konselor berhenti merokok. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan peran guru dalam mewujudkan keberhasilan KTR di sekolah. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara online dengan metode diskusi ceramah tanya jawab. Peserta kegiatan adalah guru Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Depok, Sleman yang berjumlah 11 orang. Materi yang disampaikan adalah tentang peran guru dalam implementasi KTR dan ketrampilan pendampingan involunatry klien dalam konseling berhenti merokok. Pengusung kegiatan bekerjasama dengan Puskesmas Depok III, Sleman. Peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik, meskipun dilakukan secara online. Separuh lebih peserta mengalami peningkatan pemahaman. Pelatihan serupa perlu diadakan secara rutin untuk mendukung keberhasilan program KTR di Sekolah.

Keywords


pelatihan, konselor, berhenti merokok, guru, sekolah

Full Text:

PDF

References


Ashari, Waskam., Sugiharto, DYP dan Supriyo. (2016). Pengembangan Model Konseling Kelompok dengan Teknik Pengelolaan Diri Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Terhadap Perilaku Berisiko Merokok di SMK YPT 1 Purbalingga. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 5, No. 2, Hal. 126-33

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. (2015). Petunjuk Teknis Konseling Berhenti Merokok pada Anak Usia Sekolah/Madrasah Bagi Guru Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Hasan,Yusuf Baharudin. (2021). Profesi Bimbingan dan Konseling Dalam Masyarakat. Jurnal Twadhu. Vol.5, No.1, Hal 35-43. Cilacap : Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

Karwono., Pranoto, Hadi., dan Rahmadhini, Ega Ayu. (2020). Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Merokok pada Peserta Didik SMP Negeri 10 Metro. Counseling Milenial. Vol. 1, No. 2, Hal. 117-129.

Napitupulu, Evani Ida Sumondang., Wijdanarko, Bagoes., dan Husodo, Besar Tirto. (2020). Keinginan Berhenti Merokok pada Pelajar Perokok di SMK Swasta Kota Semarang. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. Vol. 19, No. 3, Hal 184-88

Pusat Promkes Kemenkes RI. (2010). Pedoman Pengembangan Kawasan Tanpa Rokok. Jakarta: Kementerain Kesehatan RI.

Ramadani, Dewita dan Herdi. (2021). Studi Kepustakaan Mengenai Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Perencanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal EDUKASI Media Bimbingan dan Konseling, Vol. 7, No.1, Hal 42-52. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Sabarudin et al. (2020). Efektivitas Pemberian Edukasi secara Online melalui Video dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan Covid-19 di Kota Baubau. Jurnal Farmasi Galenika. Vol. 6, No.2, Hal 309-318.

Thahir, Andi dan Oktaviana, Deska. (2016). Pendekatan Konseling Behavior dengan Teknik Self Control untuk Mengurangi Kebiasaan Merokok pada Peserta Didik di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 3, No. 1, Hal 29-40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dian Kinayung, Septian Emma Dwi Jatmika, Agnes Findriany, Dea Nurrizza Allafia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License