Pendampingan Penggunaan Microsoft Forms dalam Evaluasi Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19

Burhanuddin Arif Nurnugroho, Rima Aksen Cahdriyana

Abstract


Evaluasi merupakan salah satu tahapan penting dalam sebuah pembelajaran. Dalam membuat evaluasi pembelajaran matematika tidak dapat dilepaskan dari penulisan rumus/formula matematis. Masa pandemi covid-19 saat ini menuntut para guru/pengajar untuk membuat evaluasi berbasis online.  Microsoft Forms merupakan salah satu sebuah fasilitas dari office 365 yang dapat dimanfaatkan untuk membuat evaluasi online yang memberikan fitur penulisan rumus matematika. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampiangan kepada para guru dalam membuat evaluasi pebelajaran matematika menggunakan microsoft forms. Pendampingan dilakukan secara langsung secara luring di sekolah, sehingga terjadi diskusi secara langsung dengan para guru/pengajar. Berdasarkan hasil wawancara/evaluasi pelaksanaan pendampingan kepada para para guru menunjukan bahwa materi pendampingan, fasilitator, fasilitas pendampingan dinilai baik oleh para guru. Hasil observasi saat pendampingan berlangsung menunjukan bahwa para guru sangat antusias dan dapat mengikuti alur-alur pembuatan evaluasi dengan baik. Hal tersebut juga didukung berdasarkan hasil ujicoba terhadap penggunaan Microsoft Forms oleh guru.

Full Text:

PDF

References


Arfinanti, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matakuliah Metode Numerik dengan Implementasi Scilab Berbantuan Software Latex. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 121-138.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Damanik, R. (2019). EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KIRKPATRICK. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2), 28-39.

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.

Loviana, S., Janah, M., Permata, D. C., & Nisa, C. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN DARING PADA TINGKAT SMP DAN SMA DI MASA PANDEMI COVID-19. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 2(1), 65-74.

Ngafifah, S. (2020). Penggunaan Google Form dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran daring Siswa pada Masa Covid 19 di SD IT Baitul Muslim Way Jepara. A-Salam :Jurnal Huku Isalam & Pendidikan, IX(2), 123-144.

Syarifuddin. (2020). Bimbingan Penggunaan Google Form Untuk Pembelajaran IPS Pada Madrasah di Banua Enam. MANHAJ : Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 9(1), 46-58. Diambil kembali dari https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manhaj

Yuwaningsih, D. A., & Rusmining. (2019). Modul Pelatihan Menulis dengan LaTex. Yogyakarta. Diambil kembali dari http://eprints.uad.ac.id/25325/1/Modul%20PELATIHAN%20LATEX.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Burhanuddin Arif Nurnugroho, Rima Aksen Cahdriyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License