Pemanfaatan screencast-o-matic dalam pengembangan video pembelajaran

Aan Hendroanto, Vita Istihapsari

Abstract


Pembelajaran daring saat ini menjadi suatu kebutuhan dalam dunia pendidikan di Indonesia, salah satunya di Muhammadiyah Boarding School Pleret Bantul. Pandemi Covid-19 memaksa guru untuk bisa melaksanakan pembelajaran daring agar siswa tetap bisa belajar meskipun dari rumah masing-masing. Saat ini pembelajaran daring dilaksanakan dengan kualitas seadanya mengingat kompetensi guru belum dipersiapkan untuk pembelajaran daring. Oleh karena itu perlu suatu pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mendesain pembelajaran daring. Salah satu kompetensi tersebut yaitu pembuatan video pembelajaran melalui aplikasi ScreenCast-O-Matic. Tujuan kegiatan ini yaitu memberikan guru bekal dalam membuat video pembelajaran dengan mudah tanpa memerlukan banyak pelatihan. Kegiatan dilakukan selama 2 hari pelatihan pada tanggal 16 dan17 Juni 2021 dengan peserta sebanyak kurang lebih 40 orang guru. Metode yang digunakan yaitu seminar dan pelatihan secara online melalui media google meet. Dampak dari kegiatan ini yaitu banyak guru yang sebelumnya belum mengenal ScreenCast-O-Matic menjadi paham dan tertarik untuk kembali mengembangkan video pembelajaran.


Keywords


Pelatihan; Video Pembelajaran; ScreenCast O Matic

Full Text:

PDF

References


Akbar, R. R. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Diseminasi online multimedia pembelajaran matematika yang dikembangkan menggunakan videoscribe. Jurnal Anugerah, 1(1), 19-24.

Bloom, B. S., Krathwohl, D. R., & Masia, B. B. (1984). Bloom taxonomy of educational objectives. Allyn and Bacon, Boston, MA. Copyright (c) by Pearson Education.< http://www. coun. uvic. ca/learn/program/hndouts/bloom. html.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Hasanudin, C., & Fitrianingsih, A. (2018). Flipped classroom using screencast-o-matic apps in teaching reading skill in indonesian language. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2, 16-151.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aan Hendroanto, Vita Istihapsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License