Pelatihan Financial Literacy pada Komunitas Ibu Pilihan (KIP) sebagai Kekuatan Solidaritas Sosial

Nina Zulida Situmorang, Dessy Pranungsari, Noor Fitri

Abstract


Penguatan ketahanan keluarga melalui penguatan ekonomi khususnya pada masa pandemi  menjadi kebutuhan penting pada keluarga dan masyarakat. Ketahanan keluarga dapat diperoleh dengan pengelolaan  masalah yang dihadapinya berdasarkan sumberdaya yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Bidang ekonomi Yayasan Rumpun Nurani (YRN) diharapkan dapat menjadi motor penggerak penguatan ekonomi umat dan sekaligus sebagai upaya kemandirian lembaga. Salah satu ikhtiar kemandirian tersebut adalah dibentuknya NunShop yang merupakan start-up yang mendukung Less Contact Economy dengan penjualan online. Produksi dilakukan dengan pemberdayaan Komunitas Ibu Pilihan (KIP) yang terdiri dari ibu tunggal dan ibu kepala keluarga.  Aktifitas YRN sebagai suatu aktifitas profesional untuk menolong, membantu, melayani, mendidik, membimbing dan/atau memfasilitasi individu, kelompok dan masyarakat dalam meningkatkan dan memperbaiki kapasitas agar berfungsi sosial dan menciptakan kondisi masyarakat yang kondusif untuk mencapai tujuan perbaikan ini, belum optimal karena berbagai keterbatasan sumber daya 5M (Man, Money, Methods, Materials, Machine). Oleh karena itu, pemantapan Lembaga YRN sangat perlu dilakukan untuk menumbuhkan solidaritas sosial. Metode pelaksanaan dengan metode pelatihan tema Financial Literacy  pada anggota KIP.  Kegiatan berlangsung dalam 2 hari pada tanggal 11 dan 12 Juni 2021 dengan metode daring untuk hari pertama dan luring hari kedua. Hasil kegiatan pelatihan Financial Literacy menunjukkan hasil sesuai tujuan pelatihan yakni meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Financial Literacy. Hasil observasi,  refleksi dan wawancara diakhir kegiatan. Peserta merasakan peningkatan pengetahuan dan pemahaman dalam pengelolaan keuangan di rumah tangga dan bisnis kecil yang mereka lakukan. Diskusi yang diberikan dengan bentuk kasus berjalan dengan suasana yang menyenangkan, peserta antusias mengerjakan tugas kasus dan menemukan insight dari proses penyelesaian kasus.


Keywords


Financial literacy; Ketahanan Keluarga; Solidaritas Sosial

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 52 (2009): Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Diunduh pada tanggal 20 Oktober 2020 https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38852/uu-no- 52-tahun-2009.

Sunarti, E.( 2001). Ketahanan keluarga dan pengaruhnya terhadap kualitas kehamilan [disertasi]. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

http://www.kajianjogja.com/2015/08/sekolah-calon-ibu.html) diunduh pada tanggal 2 September 2019.

(https://www.instagram.com/p/CA84hxPhVeA/?utm_source=ig_web_copy_link)

(https://www.brac.net/) diunduh pada tanggal 16 Oktober 2020.

Fitri, N. (2020). Pemberdayaan Perempuan/Ibu Tunggal Melalui Pelatihan Pembuatan Produk Industri Rumah Tangga Halal Dan Sehat Sebagai Usaha Peningkatan Self Efikasi Diri Dalam Berwirausaha; JAMALI - Jurnal Abdimas Madani dan Lestari; 2 (1); 26-37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nina Zulida Situmorang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License