Pelatihan dan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran tematik berbasis STEM di SD N 2 Brebes Jawa Tengah

Nani Aprilia, Hani Irawati

Abstract


Perubahan paradigma dan tuntutan pendidikan membawa dampak pada pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Tuntutan pembelajaran abad 21 yang menuntut agar pembelajaran dapat mengembangkan keterampilan kolaborasi, kreatif, berfikir kritis, komputerisasi, pemahaman budaya, mandiri dalam belajar dan berkarir, sehingga perlu adanya integrasi model pembelajaran yang mengakomodasi hal tersebut. Salah satu adalah menerapkan model pembelajaran Integrated Thematic Instruction dengan berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics atau STEM melalui pembelajaran dalam jaringan (Daring). Tujuan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran di era new normal dengan model Integrated Thematic Instruction berbasis STEM harapannya meningkatkan kualitas, kapasitas, kompetensi dan pembinaan profesi pendidik khususnya untuk guru SD Negeri Pende No 2 Brebes.

Kegiatan pelatihan selama 4 hari, dengan perincian kegiatan yaitu 2 hari tahap penjelasan berisi pembelajaran berbasis STEM dalam tataran teoritis yang meliputi pengertian, langkah- langkah, kelebihan & kekurangan, serta alasan rasional, untuk metode pelaksanaan menggunakan ceramah interaktif, Tanya jawab, permainan, tes, serta evaluasi, kemudian dilanjutkan tahap simulasi & Pendampingan (selama 2 hari) berisikan kegiatan pengembangan RPP berbasis STEM dengan metode pelaksanaan ceramah, Tanya jawab serta diakhir kegiatan melakukan evaluasi dengan memberikan angket. Sebelum pelaksanaan pengabdian dilaksanakan kegiatan refleksi pembelajaran dalam rangka merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan selama ini, dengan metode KISS (Keep,Improve, Start, Stop). Pada kegiatan ini melibatkan 2 orang dosen dan mahasiswa, dengan sasaran sekolah mitra berjumlah 9 orang guru.

Setelah pelaksanaan pengabdian diperoleh peningkatkan pemahaman guru, serta keterampilan guru mengembangkan pemikiran kritis dalam rangka merancang program pembelajaran (RPP) yang berkualitas. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan nilai perubahan pamahaman terkait penyusunan RPP berbasis STEM dengan rata-rata peningkatan 75,8 menjadi 80,6.


Keywords


RPP, Terintegrasi, STEM

Full Text:

PDF

References


Aprilia, Nani. (2016). Implementasi Pembelajaran Reflektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Mata Kuliah Strategi pembelajaran di Program Studi FIKIP Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Bioedukatika, 4 (1). HaL 27 -30.

Hidayati, W., Tarbiyah, F., State, T., & Kalijaga, S. (2016). Implementation of Curriculum 201 In Primary School Sleman Yogyakarta, 6(2), 6–12. https://doi.org/10.9790/7388-0602020612

Jackson, H. (2016). KISS: Rules of Engagement. Diakses dari http://www.see- ed.co.uk/bestpractice/kiss-rules-of-engagement/

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Novika Auliyana Sari, Sa’dun Akbar, Yuniastuti. Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume: 3 Nomor: 12 Bulan Desember Tahun 2018 Halaman: 1572—1582. Tersedia secara online http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ EISSN: 2502-471X, DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI

Narti, Y., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., & Dwiyogo, W. D. (2016). Thematic Learning Implementation in Elementary School (Phenomenology Studies in Pamotan SDN 01 and 01 Majangtengah Dampit Malang). International Journal of Science and Research, 5(11), 1849–1855. https://doi.org/10.21275/ART20163223

Sukmana, R.W, dan Nurhayati, Y. (2019). Pengabdian masyarakat pembelajaran STEAM bagi guru SD dikabupaten Bandung . Jurnal Pengabdian Tri Bhakti. Vol. 1 No. 1, Desember 2019. url: http://journal.unla.ac.id/index.php/tribhakti. p-ISSN 2715-1123, e-ISSN 2715-1131

Safitri A. & Amelia, L. (2012). Implementasi Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar Negeri Ladong Aceh Besar. Jurnal Tunas Bangsa.

Torlakson. (2014). A Blueprint for STEM In California Public Education. Diakses Dari https://www.cde.ca.gov/pd/ca/sc/documents/innovate.pdf

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan pemerintah no 74 tahun 2008 tentang guru.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nani Aprilia, Hani Irawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License