IMPLEMENTASI TEACHER ADVISOR PROGRAM UNTUK PEMANTAPAN PILIHAN KARIER SISWA SMA DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY

Dwi Bhakti Indri M.

Abstract


Konsistensi dan keterpaduan ekonomi tampaknya mengalami dekadensi daya saing. Padahal, Indonesia akan menghadapi sistem integrasi ekonomi Asean. Perihal ini, peran pendidikan menjadi sentral dalam membentuk generasi (terutama siswa Sekolah Menengah Atas) yang mampu menghadapi asean economic cummunity (AEC). Pendidikan yang dikategorikan berhasil adalah pendidikan yang mampu membentuk generasi muda yang cerdas, berkarakter, bermoral dan berkepribadian. Selain itu, menyiapkan generasi (siswa SMA) untuk memasuki dunia kerja atau studi lanjut. Bimbingan dan konseling memiliki peranan yang integral dalam aspek pemantapan pilihan karier siswa. Namun, mayoritas tanggung jawab guru BK melebihi kapasitas yang seharusnya. Sehingga, diperlukan media yang berfungsi untuk mendukung sistem bimbingan dan konseling di SMA. Teacher Advisor Program (TAP) diharapkan mampu menjadi media yang menjembatani antara guru BK dengan stakeholder. Artikel ini mencoba menjelaskan urgensi teacher advisor program dalam pemantapan pilihan karier siswa Sekolah Menengah Atas di era asean economic community.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.