Pengembangan literasi digital melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan

Yudha Pradana

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada pentingnya pengembangan literasi digital warga negara khususnya melalui sarana pembelajaran. Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dapat menjadi sarana pengembangan literasi digital warga negara karena secara konsep dan muatan materi terkait dengan kehidupan sosial kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan observasi. Hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang dilakukan dapat menjadi sarana pengembangan literasi digital mahasiswa. Pembelajaran dikemas secara kooperatif dan kontekstual dengan mengedepankan kemampuan literasi digital seperti penggunaan media digital untuk mencari informasi, memilah informasi, dan mengolah informasi. Selain itu dikembangkan juga kompetensi literasi digital dengan menghasilkan karya secara kreatif dan melalui penelaahan kritis, serta pembelajaran secara kolaboratif dan berkomunikasi secara efektif.

Kata kunci: warga negara digital, literasi digital, pendidikan kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Arif, D. B., & Aulia, S. S. (2016). Kewargaan digital, penguatan wawasan global warga negara, dan peran PPKn. Internasional Seminar "Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Bidang Keilmuan dan Program Pendidikan dalam Konteks Penguatan Daya Saing Lulusan, 393–398.

Benaziria, B. (2018). Pengembangkan Literasi Digital pada Warga Negara Muda dalam Pembelajaran PPKn melalui Model VCT. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 11. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8331

International Society for Technology in Education. (2016). ISTE Standards for Students. https://www.iste.org/standards/for-students

Karpati, A. (2011). Digital literacy in education. IITE Policy Brief, May, 1–12.

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I. P., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi digital. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pradana, Y. (2018). Atrbusi kewarganegaraan digital dalam literasi digital. UJEC, 3(2), 168–182.

Promethean. (2017). Digital literacy in the classroom. How important is it? Promethean Blog. https://resourced.prometheanworld.com/digital-literacy-classroom-important/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.