Keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru PPKn dalam era digital

Cep Miftah Khoerudin, Sapriya Sapriya

Abstract


Keterampilan berpikir kritis bagi mahasiswa calon guru PPKn dalam era digital merupakan sebuah keterampilan yang harus dikuasai. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi calon guru PPKn memiliki peran penting dalam melakukan inovasi dalam pembelajaran yang akan dihadapinya. Selain itu maraknya berbagai flatform media sosial dalam lingkungan peserta didik juga harus menjadi perhatian bagi para calon guru untuk mengarahkan kepada hal yang bermanfaat. Tujuan penyusunan artikel ini yaitu mendeskripsikan perlunya keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru PPKn dalam era digital pada program studi PPKn FKIP Universitas Pasundan. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta studi dokumentasi, hasil analisis menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru PPKn pada program studi PPKn Universitas Pasundan sangat diperlukan untuk mengahadapi tantangan era digital. Oleh karenanya keterampilan berpikir kritis bagi calon guru harus ditingkatkan untuk mempersiapkan lulusan sebagai guru yang siap guna pada lingkungan pendidikan persekolahan. Hal ini diperkuat dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh program studi PPKn FKIP Universitas Pasundan dalam meningkatkan keterampilan berpikir mahasiswa calon guru melalui pemutakhiran kurikulum, peningkatan kualitas SDM dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaranterlihat pada proses pembelajaran yang mulai menerapkan inovasi pembelajran dengan konsep blended learning yang memadukan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring dengan tujuan peningkatan kualitas berpikir mahasiswa dalam menghadapi era digital.

Kata kunci: berpikir kritis, calon guru PPKn, era digital, blended learning


Full Text:

PDF

References


Bachman, E. (2005). Creative Thinking Roadmap (terjemahan). Prestasi Pustaka.

Brookfield, S. (1987). Developing critical thinkers: Challenging adults to explore alternative ways of thinking and acting. Jossey-Bass.

Brooks, J. G., & Brooks, M. G. (1993). In Search of Understanding: The Case for Constructivist Classrooms. Association for Supervision and Curriculum Development.

Corebima, A. D., Susilo, H., & Sutomo, H. (2004). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Biologi SMP Konstruktivistik Kontekstual Berorientasi Life Skill dengan Pola PBMP di Kota dan Kabupaten Malang.

Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar.

Diplan, D. (2019). Tantangan Pendidik di Era Digital. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 41–47.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir (6 ed.). Indeks.

Ennis, R. (1992). Critical thinking: What is it? Proceedings of the Forty-Eighth Annual Meeting of the Philosophy of Education Society Denver.

Gökçearslan, Ş., Solmaz, E., & Coşkun, B. K. (2019). Critical Thinking and Digital Technologies. In Rapid Automation (hal. 1407–1433). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-8060-7.ch066

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face, E-learning Ofine-Online, dan Mobile Learning. Prestasi Pustaka.

Machfiroh, R. (2019). Pendidikan kewarganegaraan bagi remaja di era digital. Universitas Pendidikan Indonesia.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, (2005).

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS: Konsep dan pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Srinivasan, J., Com, M., & Phil, M. (2017). Teaching & Learning in the Digital Era. January.

Szabo, Z., & Schwartz, J. (2011). Learning methods for teacher education: The use of online discussions to improve critical thinking. Technology, Pedagogy and Education, 20(1), 79–94. https://doi.org/10.1080/1475939X.2010.534866

Wahab, A. A. (2012). Metode dan Model-model mengajar. Bandung: Alfabeta.

Weller, M., & Anderson, T. (2013). Digital Resilience in Higher Education. European Journal of Open, Distance & E-Learning, 16(1), 53–66.

Yin, R. K. (2009). Case Study Research: Design and Methods. In L. Bickman & D. J. Rog (Ed.), Essential guide to qualitative methods in organizational research (Vol. 5, Nomor 5). Sage Publications. https://doi.org/10.1097/FCH.0b013e31822dda9e

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2, 1–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.