Pendidikan kewarganegaraan sebagai pembentuk karakter bangsa

Lusiana Rahmatiani

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk membentuk manusia Indonesia yang cerdas dan berkarakter baik. Pendidikan kewarganegaraan menjadi wahana untuk mempersiapkan generasi muda dengan bekal yang cukup mempuni dalam pergaulan kehidupan yang dibutuhkan. Kemampuan berpikir kritis, tanggung jawab, mempunyai sikap dan tindak yang demokratis menjadi media pendukung dalam pembentukan karakter bangsa. Metode penulisan dalam artikel ini menggunakan studi pustaka. Kondisi generasi muda Indonesia dewasa ini berada dalam posisi yang cukup meresahkan. Menurunnya semangat belajar yang sekarang ini sudah berada pada titik nadir yang mengkhawatirkan. Generasi muda yang semakin memperlihatkan adanya degradasi moral yang menandakan generasi muda tidak lagi memiliki karakter yang baik. Untuk itu, pendidikan kewarganegaraan memiliki peran penting dalam pembentukan karakter bangsa. Kontruksi nilai-nilai karater melalui pendidikan kewarganegaraan secara yuridis formal menjadi salah satu mata pelajaran wajib disetiap jenjang dan jalur pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai di perguruan tinggi. Pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan kewarganegaraan menjadi suatu keharusan karena dapat membentuk generasi muda yang cerdas, juga mempunyai budi pekerti yang luhur sehingga keberadaanya dalam kehidupan bermasyarakat menjadi bermakna dan mempunyai karakter.

Kata kunci: pendidikan kewarganegaraan, karakter bangsa

Full Text:

PDF

References


Akbal, M. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Seminar Nasional “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global.”

Branson, M. S. (1999). Globalization and its implication for civic education. http://www.civiced.org/papers_Oct99_branson.html.

Cholisin. (2013). Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Penerbit Ombak.

Hasanah, A. (2012). Pengembangan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada masyarakat minoritas (Studi atas kearifan lokal masyarakat adat suku Baduy Banten). Analisis, XII(1), 209–228.

Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 3.

Lickona, T. (2013). Character Matter (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Bumi Aksara.

Muhadjir, N. (2000). Metodologi penelitian kualitatif: Pendekatan positivistik, rasionalistik, phenomenologik, dan realisme metaphisik telaah studi teks dan penelitian agama (IV). Rake Sarasin.

Pusat Kurikulum Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Pusat Kurikulum, Balitbang, Kementerian Pendidikan Nasional.

Rahmatiani, L. (2017). Pembentukan karakter siswa melalui program Lisa, Libra, Patujar di SMPN 1 Cilamaya Wetan. CIVICS, 2(1), 45–55.

Rahmatiani, L., Nugraha, Y., & Sari, P. (2020). Role of learning PPKn to improving students civics disposition in senior highs school. Psychosocial: International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(7). https://www.psychosocial.com/article/PR270299/14975/

Rozak, A., Sayuti, W., & Salim GP, M. A. (2005). Rosyada, D., Ubaidillah, A., Pendidikan Kewargaan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani. Kerjasama ICCE UIN Syarif Hidayatullah dengan Prenada Media.

Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya dan PPs UPI.

Susiatik, T. (2013). Pengaruh Pembelajaran PKn Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Majalah Ilmiah Pawiyatan, xx(4), 58–72.

Suyanto. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter. Mandikdasmen Depdiknas. http://www.mandikdasmen.depdiknas.go.id/web/pages/urgensi.html.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Alfabeta.

Winataputra, U. S. (2001). Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Winataputra, U. S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Widya Aksara Press.

Winataputra, U. S. (2014). Diskursus Aktual Tentang Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Konteks Kurikulum 2013. Seminar Nasional AP3KNI, 1–12.

Zuchdi, D. (Ed.). (2015). Pendidikan karakter: Konsep dasar dan implementasi di perguruan tinggi. UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.