Tat Twam Asi sebagai Keadaban Kearifan Lokal Bali di Era Pandemi Covid-19

Putu Ronny Angga Mahendra

Abstract


Pandemi COVID-19 telah merubah tatanan kehidupan manusia di dunia. Manusia yang dengan sikap sosialnya dan dilaksanakan dalam kehidupannya telah dibatasi dengan dalih Pandemi Virus COVID-19. Tentunya hal ini juga akan memberikan suatu perubahan pola sosial yang dilakukan manusia itu sendiri. Tatanan kehidupan sebenarnya merupakan suatu kelanjutan dari setiap keadaban yang dimiliki oleh proses kehidupan manusia. Meskipun Pandemi COVID-19 ini menyita sisi sosial manusia bukan berarti kita lepas begitu saja, bahkan tidak jarang akan semakin kuat akibat benturan keras dampak peristiwa ini pada berbagai bidang kehidupan manusia. Tat Twam Asi merupakan suatu keadaban yang esensial untuk tetap hidup saling berdampingan, rukun, membantu satu dengan lainnya, dan harmonis dalam suasana multikultur yang ada dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Tat Twam Asi akan menjadi suatu kearifan lokal Bali yang selalu dipegang teguh sebagai tata susila untuk mencapai perbaikan moral manusia dan diimplementasikan dalam kehidupan pribadi manusia, masyarakat, bangsa dan negara.

References


Atmadja, Ida Bagus Oka Punia. (2007). Upedesa tentang Ajaran-ajaran Agama Hindu. Paramita. Surabaya.

Arta Jaya, Kadek. (2019). Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa Melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Penjaminan Mutu IHDN Denpasar.

Atmaja, Nengah Bawa,dkk.(2017). Agama Hindu, Pancasila, dan Kearifan Lokal Fondasi Pendidikan Karakter. Denpasar: Pustaka Larasan.

Karmini, Ni Wayan, dkk. (2000). Agama Hindu. Ganeca Exact. Jakarta.

Kartika, I. M., Angga Mahendra, P. R., & Awa, V. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Locus Delicti, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Kerta Adi, Made. (2016). Tat Twam Asi : Adaptasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pengentasan Kemiskinan Kultural. Seminar Nasonal Riset Inovatif (SENARI) ke-4.

Mahendra, Putu Ronny Angga. (2021). Conception of Local Wisdom Nangun Sad Kerthi Loka Bali in Character Education. SHEs: Conference Series 4 (4), (hal.78-84): Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Mahendra, Putu Ronny Angga. (2018). Pembelajaran PPKn dalam Resonansi Kebangsaan dan Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 2. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Mahendra, Putu Ronny Angga. (2014). Peran Strategis PKn untuk Membangun Karakter bagi Mahasiswa. Jurnal Widya Acarrya Vol. 3 No. 1. Universitas Dwijendra Denpasar.

Mahendra, Putu Ronny Angga. (2020). Memperkuat Kesadaran Bela Negara Dengan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perspektif Kekinian. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 8 No. 3 . Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Mahendra, Putu Ronny Angga dan I Made Kartika. (2021). Membangun Karakter Berlandaskan Tri Hita Karana Dalam Perspektif Kehidupan Global. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 9 No. 2. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Suastin, Ni. Nyoman dan I Ketut Budi Rach Suarjaya. (2021). Pemahaman Ajaran Tat Twam Asi Sebagai Pedoman Dalam Upaya Peningkatan Mawas Diri di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Penjaminan Mutu. Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Sudira, P. (2013). Tri Hita Karana and the Moraliy of Sustainable Vocational Education : Proceeding International Seminar The 8th Asia Pacific Network for Moral Education. Yogyakarta State University, Indonesia.

Wiana, I Ketut. (2002). Bentuk Bhakti Kepada Tuhan. Surabaya : Paramita.

Titib, I Made. (2006). Menumbuhkembangkan Pendidikan Budhi Pekerti Pada Anak (Perspektif Agama Hindu). Denpasar: Pustaka Bali Post.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.