Implementasi metode kooperatif jigsaw dalam upaya peningkatan karakter siswa

Ronggo Warsito

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mengetahui alasan-alasan perlu dilakukan implementasi metode kooperatif jigsaw dalam upaya peningkatan karakter siswa, hambatan-hambatan yang datang pada pelaksanaan implementasi metode kooperatif jigsaw dalam upaya peningkatan karakter siswa, dan bagaimanakah pelaksanaan implementasi metode kooperatif jigsaw dalam upaya peningkatan karakter siswa. Penelitian ini berbentuk studi eksploratif dengan paradigma kualitatif. Subjek riset adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Simo, Boyolali. Wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data. Triangulasi sumber dan metode untuk menjamin keabsahan data. Analisis interaktif digunakan untuk analisis data berupa Components of Data Analysis: Interactive Model. Hasil penelitian adalah: 1) alasan-alasan mengapa perlu dilakukan implementasi metode kooperatif jigsaw adalah dalam upaya peningkatan karakter siswa yang saat ini sedang terjadi inferiority complex (rendah derajad), deviant behaviours (penyimpangan tingkah laku), dan rendahnya karakter bangsa; 2) hambatan-hambatan yang datang pada pelaksanaan implementasi metode kooperatif jigsaw dalam upaya peningkatan karakter siswa adalah pengaruh globalisasi, kebanggaan meniru budaya asing tanpa filter, serta sikap masyarakat yang semakin individualis serta apatis; dan 3) pelaksanaan implementasi metode kooperatif jigsaw dalam upaya peningkatan karakter siswa dengan strategi knowing, feeling, dan acting the good atas nilai-nilai yang tumbuh dalam penerapan metode kooperatif jigsaw misalnya tanggung jawab, kerjasama, kedisiplinan, kejujuran, dan sebagainya.

Full Text:

PDF

References


Abiyuna, T., & Sapriya, S. (2018). Pelembagaan karakter toleransi siswa melalui program pendidikan berkarakter Purwakarta. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1845

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2).

Almar’atus Sholihah, H., Fiadhia Koeswardani, N., & Fitriana, V. K. (2018). Metode Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1).

Amalia, R., & Putra, E. D. (2019). Refleksi pembelajaran: modifikasi problem based learning untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Emasains, 8(1).

Badriah, S. (2017). Fungsi Handphone Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. AntroUnairdoNet, VI(3).

Evi, T. (2020). Manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589

Firmansyah, F., & Zaini, A. (2019). Implementasi Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V MIN Bangka Belitung Pontianak. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(1). https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.7

Hamriana, H. A. (2021). Implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095

Hidayatullah, F. (2015). Mendidik Karakter: Tugas Mulia Pendidik. Cakra Wijaya.

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1).

Mahdir, M. (2020). Pembelajaran Maharah Qiraah MenurutTeori Konstruktivis Sosial. Lisan An-Nathiq, 2(1).

Manab, H. A. (2015). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif. In Kalimedia.

Moeloeng, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Kualitalif Sasial.

Nanggala, A. (2020). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 3(2). https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.354

Noor Rofiq, A. Rafiq, & Muhammad Agus Wardani. (2020). Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2). https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i2.129

Prasetyo, M. A. M., & Anwar, K. (2021). Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1042

Sri Lestari, A., & Aini, M. (2019). Kiprah Generasi Milenial Pada Era 4.0 Dalam Membumikan Pancasila. Anis Fuadah Z Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2).

Suryani, E., & Aman, A. (2019). Efektivitas pembelajaran IPS melalui implementasi metode jigsaw ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.17376

Warsito, R. (2017). Pendidikan Karakter. Unwidha Press Anggota APPTI.

Wijayanti, W. (2019). Implementasi Trilogi Kepemimpinan (Ki Hadjar Dewantara) Pendahuluan Pendidikan merupakan salah satu unsur penting untuk memajukan peradaban. Jurnal Ustjogja, 2(2).

Wikanta, W. (2018). Collaborative learning: Pembelajaran inovatif dalam mewujudkan hak-hak belajar siswa. Pedago Biologi, 5(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.