Langkah-langkah pemilihan media pembelajaran dalam program pelatihan

Astrid Dwi Injany, Cindi Eka Ardianti

Abstract


Penelitian ini merupakan kajian literatur. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskripsi kualitatif yang dilakukan dengan mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat dan kemudian diolah menjadi bahan penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji tentang langkah-langkah pemilihan media pembelajaran dalam program pelatihan. Media pembelajaran merupakan suatu komponen yang keberadaannya sangat penting dalam proses pelatihan. Media tidak hanya sekedar sebagai pelengkap fasilitator dalam menyampaikan informasi kepada peserta, tetapi juga berfungsi untuk mengontrol kondisi pelatihan agar hasil pelatihan yang didapat menjadi lebih optimal. Oleh karena itu, tugas seorang fasilitator ialah bagaimana memilih media pembelajaran yang tepat dalam proses pelatihan agar pelatihan tersebut dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Untuk memilih media yang tepat dalam proses pelatihan diperlukan kemampuan fasilitator dalam memahami media, memilih langkah-langkah yang tepat, serta dapat mengimplentasikannya dengan baik dalam proses pelatihan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menentukan suatu media yang tepat kita harus menganalisis terlebih dahulu kebutuhan kita akan media tersebut. Kebutuhan tersebut meliputi tujuan yang ingin kita capai dari pelatihan tersebut, siapa sasaran yang ingin kita tuju, seberapa luas ketersediaan tempat pelaksanaan, serta yang tak kalah penting ialah jumlah budget yang kita miliki. Dengan dilakukannya analisis media yang tepat, maka output yang dihasilkan dari kegiatan pelatihan juga menjadi lebih berkualitas.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2017). Penerapan pemilihan media pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9-20.

Mahmudah, R., Ahyan, S., & Rasidi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Software Lectora Inspire pada Materi Perbandingan untuk Siswa Kelas VII SMP. Journal of Honai Math, 1(1), 47-55.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-34.

Mangkunegara, A. P. (2014). Evaluasi Kinerja SDM. PT Refika Aditama.

Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis Mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109-114.

Nurhayati, N. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 14(2), 87-99.

Rochyadi, I. (2014). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD Melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru di PAUD Bougenville Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 1-10.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Yulianti, E. (2015). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Grand Fatma Hotel di Tenggarong Kutai Kartanegara. E-Jurnal Administrasi Bisnis, 3(4), 900-910.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.