Pengembangan kecerdasan kewarganegaraan melalui mata kuliah kewarganegaraan

Hotma Siregar, Sri Nurabdiah Pratiwi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi antara materi-materi yang menjadi substansi kajian dalam mata kuliah kewarganegaraan dengan pengembangan kecerdasan kewarganegaraan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana tehknik pengumpulan data yang digunakan studi literatur. Tekhnik analisis datanya dilakukan dengan cara membaca buku-buku yang dijadikan referensi dan selanjutnya dilakukan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara mata kuliah Kewarganegaraan dengan pengembangan kecerdasan kewarganegaraan mahasiswa. Kecerdasan kewarganegaraan merupakan kemampuan seseorang untuk memainkan peran dirinya secara proaktif sebagai warga negara dan warga masyarakat dalam tata kehidupan yang kompleks dengan berbasiskan identititas normatif bangsa. Dengan demikian, terlihat bahwa ada korelasi antara pengembangan kecerdasan kewarganegaraan mahasiswa dengan materi-materi pokok bahasan dalam mata kuliah kewarganegaraan yang meliputi filsafat Pancasila, identitas nasional, politik dan negara, hak asasi manusia, hak dan kewajiban warga negara, demokrasi, geopolitik dan geostrategi. Pokok bahasan tersebut memiliki capaian masing-masing yaitu memberi pengetahuan kepada mahasiswa agar menjadi manusia yang mempunyai tanggung jawab moral, memiliki kesopanan dalam bertingkah laku ditengah-tengah masyarakat, memiliki sikap disiplin agar dapat mendukung kebijakan- kebijakan pemerintah, dapat mengindahkan aturan-aturan yang ada, menjadi individu yang mampu mendengar pendapat orang lain dengan cara negosiasi dan kompromi serta harus mampu berpikir kritis dan memiliki kepedulian kepada sesamanya. Keseluruhan sikap tersebut yang akan menjadikan mahasiswa menjadi warga negara yang baik.

Full Text:

PDF

References


Aini, D. N. (2018). Pengaruh Budaya Literasi dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1). http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/195

Branson, M. S., & Quigley, C. N. (1998). The role of civic education (Task Force Position Paper from the Communitarian Network). A Forthcoming Education Policy.

Chotimah, U. (2012). Alternatif Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan : Sebagai Upaya Mencapai Civic Intelligence, Civic Participation Dalam Civic Responsibility. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2012, 324–333.

Ghufron, A. (2010). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3), 13–24. https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.230

Huberman, A. M., & Miles, M. B. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Kaelan & Zubaidi, A. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Paradigma.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 43/Dikti/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. (2006).

Maftuh, B & Sapriya. (2005). Pembelajaran PKn melalui Pemetaan Konsep. Jurnal Civicus, 1(5), 319-321.

Masrukhi. (2018). Pengembangan civic intelligence berbasis kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar. Jurnal Integralistik, 29(1), 14-15.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Civics, 14(2).

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464-468.

Sartika, L. D., Joebagio, H., & Susanto, S. (2020). Model Pembelajaran IPS Terintegrasi Nilai-Nilai Catur Guru sebagai Civic Intelligence di Bali. Yupa: Historical Studies Journal, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/yupa.v4i1.172

Siregar, H. (2020). JUPIIS : Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmuSosial Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Citizenship Education Learning Using Inquiry Methods to. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-IlmuSosial Available, 12(1), 212–219.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2023 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003)

Winataputra, U. S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Widya Aksara Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.