PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK LITERASI PEMBUKAAN UUD KELAS IX SMPN 11 YOGYAKARTA

Khoniatur Rohmah

Abstract


Pembelajaran daring mulai dilaksanakan sejak Maret 2020, berbagai aplikasi seperti Google Classroom digunakan dengan efektif dan efisien. Melalui pembelajaran daring, referensi seperti jurnal tersedia di ruang-ruang terbuka. Penelitian  ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pemanfaatan Google Classroom pada Literasi Pembukaan  UUD NKRI Tahun 1945 pada Mata Pelajaran PPKn kelas IX  SMP Negeri 11 Yogyakarta. Pentingnya  pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn  tidak terlepas dari pesatnya perkembangan teknologi dan informasi yang mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk sektor pendidikan. Populasi penelitian ini sebanyak 66 siswa, yang dijadikan sempel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih kurangnya kebiasaan membaca yang belum tergulirkan secara maksimal, masih kurangnya nilai KKM terhadap materi literasi Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945. Oleh karena itu, Google Classroom sebagai media belajar siswa harus di maksimalkan fitur-fiturnya, lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat perlu memberikan dukungan dan dorongan terhadap semangat literasi peserta didik

References


Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(November), 196–209. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551978

Aini, D. N. (2018). Pengaruh Budaya Literasi dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu …, 4(1). http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/195

Bawden, D. (2001). Information and Digital Literacy : a review of concept. Journal of Documentation, 57(2), 218–259.

Gilster, P. (1997). Digital Literacy (John Wiley & Sons (ed.)). Inc. Publisher.

Kemenkes RI. (2020). KMK Nomor Hk.01.07/Menkes/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Tempat Kerja. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2019, 1–39.

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57

Rifai, A., Adha, M. M., Hartino, A. T., Ulpa, E. P., & Supriyono. (2020). Pengembangan Literasi Digital Aplikasi Civication (Civic Application) Meningkatkan Civic Competence Siswa di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan V : Kontribusi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menjawab Tantangan Global, 148, 148–162.

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.